Sunday, December 21, 2014 2:23

Manfaat dan Mudarat Kolesterol

Tagged with:
Posted on Monday, September 27, 2010, 21:58 | 1,446 views
This item was posted in Kesehatan and has 0 Comments so far.

Kolesterol mungkin sudah menjadi momok bagi banyak orang. Padahal sebenarnya kolesterol merupakan nutrisi penting yang juga bermanfaat bagi tubuh. Apa saja manfaat dan mudarat (kejelekan) dari kolesterol?

Kolesterol merupakan nutrisi penting yang diperlukan tubuh manusia untuk menjalankan fungsi utamanya. Kolesterol disusun dalam tubuh oleh hati dan kemudian dikirim ke berbagai bagian tubuh oleh darah.

Kandungan kolesterol yang normal dapat sangat bermanfaat bagi tubuh. Tapi sebaliknya, bila kandungannya berlebihan, kolesterol bisa menjadi bumerang yang justru menyerang sistem tubuh dan menyebabkan berbagai macam penyakit, terutama penyakit-penyakit degeneratif.

Manfaat kolesterol
1. Membantu membangun dan mempertahankan membran sel, yang menjadikan dinding sel lebih kuat dan kaku, juga membantu sel melindungi diri dari benda asing dan membangun kekebalan sel.
2. Berperan penting dalam proses biokimia, seperti sintesa hormon steroid, juga membantu produksi hormon yang diperlukan untuk pertumbuhan individu.
3. Memproduksi dan mempertahankan vitamin D. Kolesterol dalam tubuh akan mengubah vitamin D dengan bantuan sinar matahari.
4. Tingkat kolesterol dalam tubuh juga berguna untuk melindungi kulit dari benda asing atau sinar berbahaya seperti UV, juga membantu menyembuhkan luka.
5. Terlibat dalam produksi asam empedu yang digunakan untuk mencerna lemak larut atau berbahaya yang memasuki tubuh melalui makanan.
6. Kolesterol yang tidak larut dalam air membuatnya berguna mengangkut vitamin A dan E.

Mudarat kolesterol
1. Aterosklerosis adalah salah satu penyakit berbahaya yang disebabkan oleh kadar kolesterol tinggi. Karena kolesterol tinggi, pembentukan deposit plak terjadi dalam arteri dan mengganggu aliran darah ke jantung, sehingga kemungkinan serangan jantung dan stroke meningkat.
2. Meningkatkan berat badan. Kelebihan kolesterol meningkatkan jumlah lemak dalam tubuh dan sebagai hasilnya akan membuat orang obesitas (kegemukan).
3. Meningkatkan risiko gagal jantung. Kolesterol berlebih di dalam darah membuat kerja jantung lebih berat, sehingga membutuhkan tekanan yang ekstra untuk memompa darah dan pada akhirnya menyebabkan gagal ginjal.
4. Pengendapan kolesterol dalam darah akhirnya juga menyebabkan gangguan fungsi hati dan ginjal.

Makanan seperti produk daging, unggas, ikan, makanan laut, produk susu dan kuning telur merupakan sumber yang kaya kolesterol. Tapi bagi orang yang cenderung memiliki kolesterol tinggi, makanan-makanan tersebut sebaiknya dikurangi.

Be Sociable, Share!

Email This Post Print This Post


Related articles:
  • Memahami Angka-Angka Kolesterol
    [ Tuesday, 19 Jun 2007 - 17 : 28 | 0 comments | 1296 views ]
    Beberapa tahun yang lalu, banyak dari kita mengetahui bahwa kolesterol adalah jahat. Sehingga kita menguranginya. Kemudian kita mengetahui bahwa sejumlah...
  • Mencegah Kolesterol
    [ Monday, 10 Dec 2007 - 15 : 57 | 0 comments | 978 views ]
    Kolesterol ditengarai sebagai pemicu berbagai gangguan kesehatan, seperti hipertensi, gangguan jantung, hingga stroke. Sebenarnya kolesterol adalah unsur yang dibutuhkan oleh...
  • Lemak di Paha dan Usia Hidup
    [ Monday, 18 Jan 2010 - 16 : 22 | 0 comments | 1292 views ]
    Lemak yang berada di paha bisa membuat seseorang hidup lebih lama. Mereka dengan lemak di paha dan punggung dapat hidup lebih...
  • Seafood paling sehat
    [ Monday, 10 Aug 2009 - 21 : 43 | 0 comments | 1343 views ]
    Jika kita berbicara soal seafood, yang ada di pikiran kita tentunya akan ada tiga hal besar yang menghalangi kita menikmati...
  • Fungsi dan Mekanisme Serat Makanan untuk Menurunkan Kolesterol Darah
    [ Tuesday, 9 Dec 2008 - 21 : 05 | 1 comments | 3735 views ]
    Masalah kesehatan yang berhubungan dengan perilaku makan, gaya hidup santai (sedentary life style), khususnya terhadap penyakit yang bukan karena infeksi/menular...

Leave a Reply

Get Adobe Flash player