Manfaat Tanaman di Sekitar Kita

mengkuduKalau saja kita benar-benar menyadari bahwa alam ciptaan Tuhan ini sudah sedemikian baik, mungkin berbagai penyakit tidak akan menghinggapi kita. Setidaknya, penyakit-penyakit yang muncul itu bisa diatasi dengan memanfaatkan tanaman yang terhampar luas di sekitar kita.

Borobudur Herbal Medicine Industry yang berkantor pusat di Semarang, Jawa Tengah, rupanya terinspirasi dengan berbagai tanaman yang bermanfaat bagi manusia tersebut untuk pengobatan. Dalam sebuah seminar di Jakarta belum lama ini, perusahaan tersebut mencoba memaparkan mengingatkan kembali khalayak umum akan khasiat berbagai tanaman dan buah-buahan Indonesia.

kumis kucingSebutlah, kumis kucing dalam kemasan Java Tea yang dapat membantu memelihara kesehatan fungsi ginjal. Demikian pula mahkota dewa yang disebut dapat menaklukkan berbagai penyakit. Dari hasil beberapa penelitian ilmiah membuktikan, daun dan kulit buah mahkota dewa mengandung alkaloid, saponin, dan flavonoid.

Farmakolog dari Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, dr Regina Sumastuti menemukan adanya kandungan zat kimia dalam mahkota dewa, antara lain zat antihistamin. Zat ini disebut mampu mencegah alergi, seperti biduran, gatal-gatal, selesma dan sesak napas.

Buah mengkudu atau pace yang umumnya dihindari banyak orang, karena berbau kurang sedap, ternyata juga bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Sekarang sudah banyak tersedia ekstrak mengkudu yang dikemas dalam bentuk praktis kapsul.

Kunyit, selain bermanfaat sebagai bahan bumbu berbagai jenis masakan, dapat pula digunakan sebagai obat. Khasiat kunyit untuk mengatasi nyeri sendi dan tulang, mengurangi perut kembung dan mual, menurunkan kadar kolesterol tinggi, peremajaan kulit, mengatasi gangguan lever, membersihkan darah.

Rasa kunyit yang pahit membuat orang enggan mengonsumsinya, dapat diatasi dengan mudah saja. Cukup tambahkan daun jambu mete muda dan daun salam saat mengolahnya, rasa pahitnya tidak terasa Sekarang lebih praktis lagi penggunaan, yaitu dalam bentuk ekstrak yang dikemas dalam kapsul. [Suara Pembaruan]

One thought on “Manfaat Tanaman di Sekitar Kita

  • 3 February 2011 at 19:44
    Permalink

    hemh bner tu …. jaman sekarang uda pada canggih semua.. jadi hal2 yang berbau alam sedikit di abaikan 😐

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Get Adobe Flash player