Anggur Cegah Penuaan Dini

By: enj

anggurAhli Kesehatan Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor Prof Dr.Ali Khomsan (kanan), bersama Senior Brand Manager PT Bintang Toedjoe (BT) Fanny Kurniati (tengah), dan General Manager Marketing BT Loni memperhatikan buah Anggur pada diskusi “Anggur Sebagai Sumber Energi dan Stamina yang Menyehatkan” dan peluncuran Extra Joss sari buah Anggur di Jakarta, Rabu (1/7).

Buah anggur ataupun sari buah anggur asli dapat menjadi sumber energi dan pencegah penuaan dini. Salah satu alternatif untuk memperoleh manfaat itu adalah mengonsumsi minuman berenergi yang terbuat dari buah anggur, namun harus sesuai dengan kebutuhan. Ahli gizi masyarakat dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Ali Khomsan mengatakan hal itu, saat membahas manfaat buah anggur dalam peluncuran minuman berenergi E Juss. Hadir dalam peluncuran Senior Brand Manager PT Bintang Toedjoe Fanny Kurniati di Jakarta, Rabu (1/7).

Menurut Fanny, anggur merupakan sumber energi, karena mengandung karbohidrat yang cukup tinggi dan kaya vitamin. Karbohidrat yang terdapat dalam anggur adalah karbohidrat sederhana (fruktosa), sehingga bersifat menyegarkan. Selain itu, kata Ali, anggur juga mengandung vitamin A, B, C, antioksidan, dan berkhasiat mencegah penuaan dini.

“Meskipun bentuknya kecil, anggur memiliki banyak manfaat salah satunya kandungan kalium yang berfungsi mengontrol tekanan darah,” katanya. Sedangkan biji anggur mengandung pycnogenol, semacam penguat kolagen untuk kelenturan pembuluh darah, yang sekaligus bermanfaat mencegah penuaan. Di sisi lain, kulit buah anggur kaya zat flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan yang lebih baik dibanding vitamin C.

“Vitamin C sendiri dapat menyehatkan gusi pada mulut atau antisariawan, dan menjaga imunitas tubuh,” tambahnya. Ali menyebut, konsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin, mineral, dan protein yang dibutuhkan tubuh, karbohidrat yang cukup, serta istirahat merupakan cara terbaik mengatasi kelelahan karena kerja keras. Jika cara alami tersebut tidak bisa dilakukan dengan teratur, sementara stamina tubuh harus dikembalikan agar tubuh tetap aktif, konsumsi minuman berenergi yang mengandung vitamin dan mineral dapat dilakukan, asalkan sesuai kebutuhan. (Suara Pembaruan)

Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

User Online

Back to Top
Get Adobe Flash player