Lulur Cabai untuk Reumatik

Bubuk cabai merah merupakan obat alternatif yang bisa menyembuhkan reumatik.
Bubuk cabai merah merupakan obat alternatif yang bisa menyembuhkan reumatik.

Cabai atau lombok merah (Piper retrofractum) tidak hanya buat sambal. Cabai yang rasanya pedas itu, ternyata juga bisa menjadi obat reumatik. Benarkah demikian?

Dokter Reumatologi RSCM Siti Annisa Nuhonni menyarankan bagi para penderita reumatik tersebut. Menurutnya, obat luar alternatif yang dapat menjadi pilihan bagi penderita reumatik adalah dengan menggunakan obat gosok berbahan baku cabai merah.

Bahannya dapat diracik sendiri di rumah. Buah cabai merah ini dipilih, karena memiliki kandungan kapsaisin yang bersifat antikoagulan, berfungsi sebagai stimulan pada kulit dan menimbulkan panas serta membantu menjaga darah tetap encer dan mencegah terbentuknya kerak lemak pada pembuluh darah.

Cara pemanfaatannya adalah dengan menyeduh 10 gram serbuk buah cabai merah dalam setengah gelas air panas. Aduk sampai rata dan diamkan beberapa menit. Hasil seduhannya dilulurkan pada bagian tubuh yang sakit. Kalau tak percaya, silakan coba. Tetapi, jangan kebanyakan cabainya, nanti malah kulit bisa melepuh. Siapa takut? [DDS/M-15 / www.suarapembaruan.com]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × one =

Get Adobe Flash player