Apa Yang Terjadi Pada Tubuh Saat Tidur?

Sweet dreamsKita menghabiskan kira-kira sepertiga hidup kita untuk tidur. Tetapi jauh dari membuang-buang waktu, saat kita masuk ke alam tidak sadar, seluruh fungsi terjadi untuk meyakinkan apakah kita mendapatkan keuntungan optimal dari istirahat tidur kita.

Tidur adalah waktu tubuh melakukan perbaikan dan detoxifikasi. Tidur dengan pola yang tidak teratur dikaitkan dengan kesehatan yang buruk dan mereka yang tidur kurang dari enam jam semalam memiliki pengharapan hidup lebih pendek dari mereka yang tidur lebih panjang. Sehingga tidur memiliki pengaruh yang banyak terhadap mental, emosi dan kesehatan fisik.

Berikut penjelasan bagaimana tubuh bekerja ketika kita tidur:

Otak
Tidur mungkin terlihat seperti keadaan pasif dan terhenti, tetapi meskipun aktivitas dalam cortex-lapisan pada otak- menurun kira-kira 40 persen ketika kita berada pada fase pertama tidur, otak tetap sangat aktif selama tahap-tahap berikutnya dari malam tersebut.

Kekhasan tidur malam hari meliputi lima lingkaran tidur yang berbeda, masing-masing berlangsung selama 90 menit. Tahap pertama dari setiap putaran dianggap sebagai tidur tenang atau tidur tanpa gerakan cepat. Tahap akhir ditunjukkan oleh gerakan mata cepat.

Mata
Meskipun ditutupi oleh penutup, gerakan mata menunjukkan perbedaan tahapan tidur. Ketika kita masuk ke kesadaran semi, mata berputar. Tetapi ketika kita mulai tidur lebih nyenyak, gerakan mata cepat (REM) terjadi ketika mata berkedut.

Sistem Kekebalan
Penelitian menyarankan bahwa tidur lebih membantu menyembuhkan sakit infeksi. Hal ini dimungkinkan karena peningkatan produksi sistem kekebalan dari protein selama tidur, karena tingkat protein tertentu yang membunuh penyakit meningkat selama tidur dan menurun ketika kita terbangun.

Suhu tubuh
Ketika malam, suhu tubuh bersama tingkat hormon seperti adrenalin mulai menurun yang menimbulkan pengeluaran keringat karena tubuh tidak bergerak dan mencoba untuk melawan panas yang hilang.

Suhu tubuh akan terus menurun sepanjang malam. Mendekati kira-kira jam 5 pagi, suhu turun sampai kira-kira satu derajat bagian perseratusan dibawah suhu malam hari.

Kulit
Bagian atas kulit terbuat rangkaian sel mati yang terus menerus mengelupas sepanjang hari. Selama tidur pulas, tingkat metabolisme kulit cepat dan banyak sel-sel tubuh menunjukkan peningkatan produksi dan mengurangi kerusakan protein.

Karena protein adalah penghalang yang diperlukan untuk pertumbuhan sel dan memperbaiki kerusakan dari sinar ultraviolet misalnya, tidur nyenyak mungkin menjadi tidur sangat cantik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Get Adobe Flash player