Sikat Gigi ‘Surga’ bagi Bakteri

By: enj

sikat-gigiJika Anda jatuh sakit berulang-ulang, dan penyakit menghantui rumah Anda, ini sebagai petunjuk lemahnya kesehatan Anda akibat hal kecil yang kurang mendapatkan perhatian yaitu masalah sikat gigi.

Setiap kali kita menggosok gigi, setiap kali pula kita memasukan kuman yang tumbuh subur pada sikat gigi. Keadaan ini sering menjadi faktor utama infeksi, demam dan radang gusi. “Makanan dan air menjadi sumber bakteri untuk berkembang biak,” ujar Dr. Richard T. Glass, D.D.S, Ph.D seorang professor kesehatan gigi dari Universitas Oklahoma yang melakukan penelitian tentang kesehatan gigi dan hubungan antara penyakit dan sikat gigi selama 15 tahun.

“Setiap orang akan sangat cerewet terhadap masalah cuci tangan dan pakaian, tetapi menyangkut sikat gigi, sebagian besar orang membiarkannya pada ruangan yang tidak bersih di rumah, bukan ide bagus membiarkan sikat gigi di kamar mandi. Setiap kali toilet dibersihkan, jutaan kuman terbang ke udara, banyak diantaranya hinggap di sikat gigi,” ujar Glass.

Banyak kita temukan sikat gigi merk baru dengan bulu-bulu yang dalam dua minggu menjadi tajam dan dapat melukai gusi kita. Semakin keras kita menggosok gigi, semakin banyak kuman yang masuk. Dr. Glass juga menentang sikat gigi yang dilengkapi dengan mesin karena ini menyebabkan sebagian besar kerusakan pada gusi.

Berikut cara perawatan sikat gigi agar senyum tetap sempurna:

? Yakinkan setiap orang di keluarga memiliki sikat gigi masing dengan warna sebagai kode untuk menghindari saling kontaminasi. Jangan pernah meminjam sikat gigi.

? Gunakan sikat gigi dengan bulu yang halus. Ini yang termudah bagi gusi.

? Gantilah sikat gigi setiap dua minggu atau empat minggu. Buang sikat gigi setelah dirasakan sakit pada gusi.

? Gunakan yang berkepala kecil, dengan bulu sedikit lebat. Belilah pegangan yang tembus cahaya atau berwarna terang karena bakteri dimungkinkan menghuni tempat gelap.

? Jangan simpan sikat gigi di kamar mandi. Tempat tidur biasanya tempat yang paling bersih di rumah.

? Selalu memakai sikat gigi baru saat bepergian. Semakin banyak sikat gigi kontak dengan permukaan semakin banyak kuman yang masuk.

? Anda dapat membeli stelizer sinar ultraviolet yang didesain untuk mensterilkan sikat gigi.

? Lebih baik membeli sikat gigi murah dan tidak merasa rugi ketika Anda membuangnya dibanding membeli yang mahal yang terus Anda pakai.

? Ingat untuk selalu mencuci sikat gigi dengan air setelah setiap kali pakai dan goyang-goyang hingga kering.

Share!
Tag:

1 Comment

  • herman:

    Selamat malam,
    ada bbrp pertanyaan yg msh mengganjal buat saya terkait dgn kesehatan gigi.
    1. Sebaiknya odol yg baik itu tanpa busa ya?
    2. Sikat gigi yg baik setelah bangun tidur (tanpa makan terlebih dahulu),bener gak sih?
    3. Setelah menyikat gigi, katanya jangan berkumur,cukup bersihkan saja sisa odol?

    yg selama ini sy lakukan adalah menyikat gigi setelah bangun tidur dan 1 jam puasa (tanpa makan) baru menyikat gigi menjelang tidur.
    berkumur dgn air stlh menyikat gigi tidak pernah sy lakukan.
    tolong jawabannya krm jg via alamat email,
    thx n bsrgd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

User Online

Back to Top
Get Adobe Flash player