Langkah-langkah Merawat Jerawat

By: enj

Untuk mencegah jerawatan perlu dilakukan langkah-langkah sebagai berikut.

1. Cucilah Muka Anda dua kali sehari dengan sabun dan segera keringkan.

Kegiatan itu terutama agar mulut kelenjar yang mengeluarkan lemak tidak tertutup. Jika tertutup bisa menimbulkan jerawat. Begitu pula dengan mencuci muka. Itu dimaksudkan agar sel-sel kulit yang sudah mati bisa lepas dan tidak tertahan pada permukaan kulit. Kegunaan lain dari kegiatan mencuci muka adalah mencegah kuman bersarang dan menyebabkan infeksi.2. Pilihlah produk perawatan wajah (make up, foundation, moisturizers dan krim) yang dilabel noncomedogenic.

3. Hindari konsumsi secara rutin makanan berlemak seperti pada restoran cepat saji, makanan junk food, dan lain-lain.

4. Hindari juga terpapar lama dengan debu-debu seperti dari asap knalpot dan sebagainya. Segera bersihkan wajah Anda jika terpapar dengan debu tersebut.

5. Jangan melakukan perawatan wajah (memencet, dan lain-lain) dengan tangan yang tidak bersih.

6. Jika jerawat Anda tumbuh secara tidak wajar, kunjungi dokter kulit untuk berkonsultasi mengenai penanganannya

Untuk menjaga agar kulit tetap sehat, cantik dan segar dilakukan langkah-langkah berikut.

1. Makan sehat, Bergizi dan Seimbang

Menjaga agar kulit tetap sehat, aturlah pola makanan Anda agar sehat, bergizi dan seimbang. Dengan demikian bisa saja Anda tidak memerlukan makanan suplemen apa pun. Anut pola 4 sehat 5 sempurna. Rutinlah makan sayur dan buah-buahan setiap hari.

Kulit yang jelek tidak disebabkan oleh satu jenis makanan, kecuali memang timbul reaksi alergi, namun makanan tertentu bisa memperburuk kesehatan kulit yang tidak terlalu baik.

Mitos bahwa cokelat, permen dan makanan berlemak serta bergula lainnya bisa menyebabkan jerawat sampai saat ini belum terbukti sepenuhnya.

Memang dengan sering mengonsumsi makanan tersebut dan jarang makanan lain seperti sayuran dan buah-buahan segar berarti kulit akan kekurangan gizi yang diperlukan. Perempuan yang lebih sering makan cokelat dan keripik daripada jeruk misalnya, bisa menderita kekurangan vitamin C. Itu membuat sistem imun menjadi berkurang melawan infeksi, termasuk kuman penyebab jerawat.

Tambahan pula, jika seorang wanita melampiaskan kekesalan, baik itu karena pekerjaan maupun memang karena perubahan hormonal dengan makan cokelat, maka berakibat negatif terhadap kulit. Selain meningkatkan pengeluaran lemak melalui kelenjar keringat, jika memang telah berjerawat, makanan yang kaya gula atau lemak akan membuat infeksi bakteri relatif lebih mudah terjadi.

2. Minum Banyak Air

Bagi mereka yang bekerja pada udara panas atau pun dalam ruangan ber-AC, potensi kulit menjadi kering cukup besar. Untuk itu, jangan lalai minum banyak air. Jika tidak dilarang oleh dokter, minumlah air sebanyak dua hingga tiga liter air per hari.

Tentu yang dimaksud dengan air adalah air putih, bukan air soda, teh, kopi atau pun minuman yang mengandung gula/kafein lainnya.

3. Kurangi Minum Teh dan Kopi

Perempuan yang minum banyak teh, kopi, serta soft-drink akan memiliki kulit yang tidak bercahaya. Itu disebabkan minuman tersebut mengandung kafein yang membuat tubuh tidak bisa secara maksimal memanfaatkan vitamin dan mineral yang ada dalam makanan kita. Usahakanlah untuk tidak minum lebih dari tiga cangkir kopi, teh atau soft-drink sehari.

4. Hindari/kurangi Minum Alkohol

5. Jangan merokok

Nikotin tidak akan membuat kulit Anda sehat. Zat tersebut merusak pembuluh darah yang membuat distribusi sari-sari makanan termasuk oksigen ke kulit berkurang.

Share!
Tag:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

User Online

Back to Top
Get Adobe Flash player