Kiat Memilih dan Merawat “Gadget”

By: enj

Memiliki gadget seperti telepon seluler (ponsel) dan laptop pasti didasari kebutuhan. Tentu, Anda tidak akan membelinya apabila tidak merasa perlu dengan kegunaan dan fungsi perangkat itu. Berikut kiat dalam memilih, membeli, dan merawat gadget.

* Pastikan bahwa Anda memang membutuhkannya sebagai alat untuk membantu Anda. Bila, Anda membutuhkan ponsel yang 80 persen Anda gunakan untuk bercakap- cakap langsung, maka pilihlah ponsel yang baterainya berdaya tahan lama. Untuk itu, pilihlah ponsel yang tidak terlalu banyak fitur dan aplikasi. Bila, Anda membutuhkan ponsel dengan beragam fitur dan aplikasi tetapi juga butuh untuk bercakap-cakap maka pilihlah ponsel yang memiliki memori internal besar didukung memori eksternal dengan adanya kartu memori tambahan. Pemilihan memori besar ini, untuk mencegah ponsel sering hang.

* Pilihlah ponsel yang Anda memang bisa mengoperasikannya secara maksimal.

* Pastikan Anda mendapat panduan lengkap perihal ponsel saat membelinya. Belilah ponsel di toko resmi, agar Anda gampang melakukan klaim dan mendapatkan garansi.

* Untuk melindungi permukaan ponsel, Anda bisa membeli casing pelindungnya. Belilah yang sesuai merek sehingga ponsel Anda tidak “dipaksa” menggunakan aksesori yang bukan aslinya. Hal ini berlaku juga untuk aksesoris seperti headset, car kit dan sebagainya.

* Jangan meletakkan ponsel di atas benda-benda elektronik seperti di atas PC Desktop atau tempat-tempat panas seperti di dekat microwave dan oven. Gelombang elektromagnetik lambat laun bisa merusak komponen-komponen ponsel.

* Jauhkan ponsel Anda dari kapur barus. Kapur barus mengeluarkan panas yang bisa merusak elemen pada ponsel.

* Jauhkan juga dari air. Hal yang sama berlaku untuk gadget lainnya seperti BlackBerry, mini laptop dan sebagainya.

* Jangan membebani laptop dan notebook dengan beragam aplikasi.

* Jangan menaruh barang-barang di atas notebook atau laptop Anda. Beban lambat laun akan mempengaruhi layar monitor serta komponen serba kecil yang ada di dalamnya. [berbagai sumber/N-5]

Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

User Online

Back to Top
Get Adobe Flash player