Liburan Lebaran di Hotel

foto-foto:istimewaKolam renang di Hotel Shangri-La.

Menu Lebaran di Hotel Mulia.

Lebaran identik dengan berkumpul, menyantap menu khas Lebaran, bersuka ria karena saling bersilaturahmi, dan juga berlibur. Tradisi berkumpul dalam momentum Lebaran, acap menyebabkan beberapa orang mengambil cuti, sehingga waktu berkumpul bersama kerabat, menjadi lebih lama. Pemerintah sekarang pun menambah hari libur berkaitan dengan Lebaran ini, yang biasanya hanya dua hari. Bahkan tak jarang, libur Lebaran menjadi mulur hingga satu minggu. Liburan Lebaran ini semakin dikuatkan dengan juga berkurangnya aktivitas perkantoran pada umumnya, sehingga Lebaran pun semakin identik dengan liburan panjang.

Berbicara tentang berlibur, pilihan berlibur Lebaran, terkadang juga identik dengan menyambangi tempat-tempat wisata. Bila Anda tinggal di Jakarta, sudah pasti mulai bosan apabila tiap libur Lebaran mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada, sebagai alternatif berekreasi bersama keluarga. Apalagi, melakukan wisata mal.

Lantas, tempat mana di Jakarta yang bisa dijadikan tempat berlibur sekaligus berkumpul dan bersilaturahmi bersama keluarga besar?

Belakangan, beberapa keluarga mulai melirik hotel. Selain bisa berganti suasana, menikmati libur Lebaran di hotel juga cukup terjamin. Baik untuk keperluan makanan, penginapan, maupun rekreasi dengan melakukan olahraga di sports club hotel. Selain hotel tidak mungkin ditinggal “pembantu” mudik, berlibur Lebaran di hotel juga lebih nyaman karena semua tinggal menikmati saja, tanpa harus repot-repot melakukan pekerjaan rumah seperti cuci piring, memasak, dan sebagainya. Di hotel, Anda yang pegang kendali. Semua tinggal pesan, bahkan dengan hanya melalui pesawat telepon di hotel.

Karenanya, dalam rangka libur Lebaran pun, beberapa hotel berbintang di Jakarta, juga menyediakan paket Lebaran. Paket Lebaran itu ada yang berupa paket menginap, paket santap, dan paket outside catering, atau melayani pemesanan masakan untuk keluarga, tanpa harus menginap di hotel.

Director of Communication Hotel Shangri-La Jakarta, Ratna Sjamsiar Idris kepada SP, awal pekan ini, mengatakan momentum Ramadan dan Lebaran dipilih hotel tersebut untuk memberlakukan tarif rupiah. “Kami memang memberlakukan tarif dolar (US$, Red) setiap harinya, dan hanya pada bulan Ramadan dan Lebaran yang bertarif rupiah, sebesar Rp 998.000 ++. Kalau hari biasa, nggak dapet tarif segitu,” katanya.

Selain memberlakukan tarif rupiah, dalam kurun waktu lima tahun belakangan ini, hotel tersebut juga acap dijadikan pilihan bagi keluarga-keluarga yang ingin mengadakan halal bihalal keluarga besarnya.

Tentang halal bihalal itu menurut Ratna, umumnya diselenggarakan pada Lebaran hari pertama saat jam makan siang, Lebaran hari ke-2, atau Lebaran hari ke-3. “Mereka umumnya menyewa Ceria Room di dekat pool side yang berkapasitas tampung 500 orang. Biasanya, ruangan tersebut diisi hingga 300-an orang yang berhalal bihalal sembari membawa anak-anak, dan anak-anak itu berenang di kolam renang,” urainya.

Tentang fenomena halal bihalal bersama itu, mereka yang mendatangi halal bihalal juga, biasanya sekalian menginap di hotel. “Yang menginap umumnya keluarga yang tinggal di luar Jakarta,” jelasnya.

Selain halal bihalal keluarga, hotel itu juga dipilih perusahaan yang mengadakan halal bihalal karyawan beserta keluarganya. “Tahun lalu, sebuah perusahaan menyewa ruangan untuk digunakan halal bihalal karyawan dan keluarganya, pada Lebaran hari ke-3,” katanya.

Sementara itu, di Hotel Mulia Senayan Jakarta, paket menginap selama Lebaran juga diberlakukan dengan banderol tarif dimulai dari Rp 1.048.000 hingga Rp 1.538.000.

Tentang kegiatan halal bihalal, menurut Communications Manager Hotel Mulia, Adeza Hamzah, biasanya dilakukan korporat. Pemesanan sudah ditutup, bahkan hingga seminggu sesudah Lebaran. “Kalau keluarga-keluarga, jarang yang memesan,” katanya.

Ballroom di Ritz Carlton.

Opor ayam.

Katering

Menurut Adeza, selama bertahun-tahun, pada saat Lebaran, Hotel Mulia justru sering mendapat pesanan untuk outside catering. “Dari tahun ke tahun, setiap Lebaran hari-1, 2, dan 3, kami banyak melayani outside catering. Banyak yang memesan menu Lebaran dari hotel kami,” urainya.

Ada dua paket pilihan menu outside catering, yakni yang menyediakan menu appetizer berupa bakwan udang sayuran, asinan buah bogor, otak-otak saus kacang, pepes jamur, dan salad bar. Sementara itu, supnya adalah sup buntut goreng. Sedangkan, menu utama adalah steak lidak komplet, gulai pedas ikan kerapu, ayam goreng tanpa tulang saus mentega, pastel kentang tutup, tumis buncis muda dengan sambal udang kering, nasi kebuli kambing.

Menu Lebaran spesial yang ditawarkan berupa sambal godok, opor ayam kuning, sambal goreng hati dengan kentang, kacang kapri dan petai, ketupat atau lontong, sambal, kerupuk, emping, dan acar. Paket menu itu menyediakan hidangan penutup berupa buah-buahan segar Indonesia, klappertart, koktail buah dengan agar-agar almond, lapis legit, kue-kue Prancis, tapai ketan hijau dan ketan hitam, cookies, minuman teh dan kopi.

Pilihan paket menu yang kedua terdiri dari appetizer karedok, lumpia semarang, pepes tahu telur asin, asinan jakarta, dan salad bar. Sedangkan, untuk supnya adalah soto betawi. Menu utama berupa semur daging dengan kentang, ikan kakap rica-rica, ayam goreng bumbu rempah, gulai cumi isi, oseng-oseng taoge kedelai cumi telur dan kucai, soun goreng, dan nasi putih. Sedangkan, untuk menu Lebaran spesialnya adalah nasi kebuli, kambing ungkep, kari kentang dan ayam, pacri nanas, sambal, acar timun dan acar bawang.

Sementara itu, hidangan penutupnya berupa buah-buahan segar Indonesia, puding roti kismis, koktail buah dengan klengkeng, aneka jajan pasar, kue-kue kering, pilihan mousses, dan minuman teh atau kopi. Minimum pemesanan outside catering itu untuk 30 orang.

Minimal pemesanan 30 orang juga diberlakukan Hotel Ritz Carlton Jakarta Mega Kuningan, seperti disampaikan Gloria Vera Kristie, Asst Public Relations Manager The Ritz-Carlton, Jakarta. Pilihan hidangan yang disuguhkan bermacam-macam. Antara lain ada salada huzaren, urap sayuran, dan asinan Bogor sebagai appetizer. Kemudian ada kalio ayam, ikan kakap asam manis, sambal goreng udang, dan lain-lain sebagai menu utamanya. Makanan penutup yang ditawarkan pandan cake, puding kelapa muda, hingga buah-buah segar.

Pilihan menu lainnya, yakni menu internasional, seperti thai beef salad with cilantro, spanish roast tuna dan salad bawang, duck salad with mayonnaise fruits, dan lain-lain sebagai appetizer maupun salad. Juga terdapat crispy shrimp with honey and plum sauce, beef medallions in mushroom cream sauce, garlic roast chicken flavored with thyme and rosemary, stir fried vegetable with oyster sauce dan lain-lain untuk menu utama. Sementara itu, untuk pilihan hidangan penutupnya adalah warm chocolate pudding, passion fruit parfait with kiwi, raspberry linzer torte dan lain-lain.

untuk pilihan ruangan di hotel tersebut yang bisa digunakan untuk berhalal bihalal adalah ballroom berkapasitas hingga 2.500 orang dan beberapa function room berkapasitas 60 orang.

Memanfaatkan jasa hotel pada saat liburan Lebaran cukup praktis, nyaman, dan terjamin. Sebab, Anda tak perlu repot dengan pekerjaan rumah tangga karena ditinggal mudik pembantu. Selain itu, Anda tetap bisa menyantap menu khas Lebaran. Anda juga bisa memanjakan diri dengan melakukan spa. Bila ingin lebih banyak kegiatan, Anda juga bisa memanfaatkan sports club hotel untuk sejenak membuat badan segar dan juga meminimalisasi menu Lebaran tertimbun di badan, sebagai lemak. [N-5]

One thought on “Liburan Lebaran di Hotel

  • 16 July 2009 at 06:09
    Permalink

    Wah kelihatannya mantab surantab. Thanks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + 9 =

Get Adobe Flash player