Memecahkan berbagai masalah

By: enj

Dalam acara kumpul kumpul yang merupakan kegiatan tidak resmi dari acara mentoring, seorang siswa bertanya pada mentor;

Student; Mentor , saya mengamati ada fenomena menarik disekeliling saya. Ada banyak orang yang sudah bekerja selama puluhan tahun sama orang lain tetapi pada saat dia buka usahanya sendiri dia gagal, tetapi ada banyak orang yang baru bekerja kurang dari 5 tahun, mendapat sukses besar begitu memulai usahanya sendiri dan meluncur seperti roket?

Mentor; Ya, sayapun sudah merenungkan hal itu lama sekali. Bahkan disekeliling saya sendiripun, saya mendapati ada banyak orang yang bahkan samasekali tidak pernah kerja professional sedikitpun, ternyata mampu membangun bisnis mula mulanya dengan sukses.

Menurut perenungan saya, selalu ada begitu banyak factor yang mempengaruhi sebuah peristiwa, tetapi kali ini saya hanya akan berbicara hal utamanya saja.

Salah satu hal utamanya adalah kemampuan memecahkan berbagai masalah.

Perjalanan bisnis jenis apapun selalu terdiri atas ribuan masalah kecil dan besar.

Kunci menjadi seorang pebisnis sukses sekali lagi bukan karena uangnya yang banyak atau sekolahnya yang tinggi, tetapi karena kemampuannya memecahkan masalah.

Nggak ada gunanya kamu sekolah tinggi tinggi atau bekerja puluhan tahun pada orang lain bila kamu selama sekolah tersebut dan selama puluhan tahun masa bekerja itu tidak cukup belajar proses memecahkan masalah apapun dan tidak cukup banyak mengembangkan kreatifitas dan cukup bertumbuh dalam memecahkan masalah baik besar maupun kecil di area yang berbeda beda.

Area area masalah sendiri ada begitu banyak, misalnya masalah dimodal kerja, masalah di kepegawaian, masalah di produktifitas, masalah di pemasaran, masalah di hubungan sesama dan lain sebagainya.

Dan dalam tiap area itu sendiri masih terdiri dari ribuan masalahnya sendiri.

Mari kita ambil contoh kecil,misalnya area modal.

Asumsikan kamu ingin memulai sebuah bisnis yang modal awalnya 10 juta, tetapi kamu nggak punya uang sama sekali.

Nah pada titik ini masalah sudah dimulai.

KAlau kamu pada dasarnya nggak punya cukup kreatifitas dalam memecahkan masalah ini, maka lupakanlah keinginan/visi/cita cita kamu menghasilkan untung 1 milyar/tahun seperti yang selalu kamu katakan pada saya selalu.

KArena kalau mengumpulkan modal awal yang cuma 10 juta saja kamu kesulitan, maka bagaimana mungkin kamu bisa memecahkan masalah untuk bisa menciptakan dan menumbuhkan organisasi yang bisa menghasilkan keuntungan 1 milyar /thn?

Dan kalau mencari jalan untuk mengumpulkan modal 10 juta saja yang masih merupakan masalah kecil kamu sudah kelimpungan, maka bagaimana kamu bisa memecahkan ribuan masalah kecil dan besar yang akan menghantam kamu disepanjang perjalanan bisnis kamu diberbagai area ?

Beberapa contoh kecil lainnya;

Bagaimana seseorang bisa memimpikan akan memimpin ribuan pengikut bila dia memimpin dirinya sendiri masih gagal dan tidak kunjung dapat menyelesaikan masalah ini?

Bagaimana seorang akan mampu melipatgandakan uang uang besar bila ia sendiri ternyata tidak bisa memecahkan masalah dalam melipatgandakan uang uang kecil?

Bagaimana seorang meng claim dirinya mempunyai cukup kreatifitas untuk merintis bisnisnya sendiri, wong kerja saja posisi nya nggak pernah naik naik?

Bagaimana seorang berani mendeclare dirinya punya kecakapan memecahkan berbagai masalah bila selama bekerja saja dia tergantung sekali akan nasihat pimpinannya setiap kali dia hadapi masalah sulit tanpa punya keberanian dan inisiatif untuk membereskannya sendiri?

Dan seterusnya.

Apakah kamu bisa menangkap keseluruhan point yang saya coba sampaikan?

Murid; Jelas sekali mentor, sebening kristal.

Kira kira, cara apa yang sebaiknya harus saya lakukan untuk menumbuhkan proses kreatifitas saya dalam memecahkan masalah?

Mentor; Nasihat singkat saja, selalu ambil tanggung jawab lebih besar dalam hal apapun.

Dalam pekerjaan, pelayanan, kegiatan social dan lainnya.

Memang benar, makin banyak tanggung jawab, berarti makin banyak beban, tetapi itu juga berarti kamu akan makin banyak belajar, makin kreatif dan makin bertumbuh.

Saran saya, jangan pernah hindari tanggung jawab, dan jangan pernah tidak menyelesaikan tanggung jawab itu dengan tuntas.

Dan jangan pernah anggap tanggung jawab sebagai beban menakutkan, justru anggaplah itu sebagai berkat dan kesempatan dalam mempromosikan kapasitas pribadi kamu.

Anggap itu sebagai jam terbang.

Murid; Terimakasih mentor, satu permohonan kecil, bisakah mentor kasih nasihat bagaimana sebetulnya cara mengumpulkan modal 10 juta dengan efektif dan dalam waktu yang sesingkat singkatnya?

Agar para pembaca bisa dapat sedikit pencerahan dalam hal ini.

Mentor; Masih ingat pertanyaan kamu diatas? Kenapa ada orang sudah puluhan tahun kerja dibawah orang lain tapi gagal membangun bisnisnya sendiri?

KArena walaupun begitu lama dia bekerja, dia tetap masih gagal dalam menumbuhkan skill memecahkan masalahnya sampai pada level yang dibutuhkan oleh tiap tiap pebisnis.

Nah kalau saya kasih tahu bagaimana caranya mengumpulkan modal 10 juta dengan cara yang sesingkat singkatnya ala saya, itu berarti orang yang meniru cara saya adalah tidak beda dengan si orang diatas dengan pengalaman puluhan tahun.

Karena dia sama sekali tidak pernah cukup cakap untuk bertumbuh dalam memecahkan masalah bisnis apapun dan sebaiknya orang yang sama sekali tidak punya kemampuan memecahkan berbagai bagai rupa masalah, jangan pernah terjun kedunia usaha karena berapapun banyaknya modal awalnya, semua itu akan terbakar habis tanpa bekas.

Nah muridku, saya tidak bermaksud kasar dengan statement keras diatas, hanyalah kamu harus ingat satu prinsip turunan dari prinsip di alkitab, yaitu;

Makanan keras baik dan berguna bagi tubuhmu.

Pengajaran keras baik dan berguna bagi jiwamu.

Tuhan memberkati dan melindungi setiap pejuang yang bertekun dalam
merintis jalan hidupnya

Wishnu iriyanto

Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

User Online

Back to Top
Get Adobe Flash player