Perawatan dan masa pakai Helm

Helm dirancang untuk pemakaian bertahun-tahun. Agar helm tetap aman, nyaman dan ‘tampan’, perawatan menjadi kunci. Dibawah ini petunjuk membersihkan helm. Harap diperhatikan, helm dibangun dari sejumlah material berbeda, jadi sangat penting untuk membersihkan setiap bagian sesuai sifat materialnya.

Cangkang luar
Bagian terluar helm yang sangat keras ini tidak rewel soal jenis pembersih.
Hampir semua pembersih helm/plastik bisa dipakai. Wax untuk mobil bisa dipakai untuk melindungi cat terluar (finish).. Tapi bahan lain yang mempunyai kandungan kimiawi keras harus di hindari karena dapat merusak lapisan kilap finish.
Contoh sabun colek, bensin dll.

Komponen-komponen plastik
Bagian-bagian ini sangat rentan –terutama shields (lapisan bening pelindung mata). Pembersih yang mengandung hidrokarbon (bensin, solar dll), asam, atau alkalin seperti pembersih kaca, bisa menggerus permukaan bahan ini. Akibatnya muncul goresan-goresan yang mengganggu penglihatan, khususnya di malam hari.
Satu-satunya yang disarankan, dibersihkan dengan kain lembut dengan air dingin.

Busa pelindung dalam (padding)

Padding yang bisa dilepas bisa dicuci dengan sabun dan air atau di mesin cuci.
Padding yang yang lekat, diusap dengan air sabun dan dibersihkan dengan air.
Untuk mengeringkannya, jangan dijemur langsung dibawah terik matahari agar tidak muncul bau busuk.

EPS Liner

EPS (expanded polystyrene) hanya bisa dibersihkan dengan lap basah, menghindari baret.

Umur pakai helm sekitar tiga – limatahun tergantung intensitas dan frekuensi pemakaian. Disarankan mengganti helm bila muncul tanda-tanda berikut:

Mengalami benturan.
Helm yang pernah terlibat kecelakaan, mengalami benturan keras, derajad perlindungannya sudah tidak 100 persen lagi dan tidak bisa memberikan derajad perlindungann seperti semula. Bila anda menuntut perlindungaan maksimal, segera ganti helm. Ini bukan soal uang tapi keselamatan anda dan keluarga.

Padding longgar karena dipakai terus menerus atau kunci pengikat mulai longgar beresiko helm terlepas saat kecelakaan. Apalagi bila pengunci tidak berfungsi, itu sama dengan pakai topi bukan helm pelindung. Untuk mengetahui apakah padding bermasalah, caranya gampang. Pakai helm, tarik kencang pita pengikat dan kunci. Lalu goyangkan kepala, bila helm masih longgar, berarti sudah waktunya ganti, karena anda tidak mendapat perlindungan maksimum lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.