Akupuntur, Cara Aman Langsingkan Tubuh

SP/Elly Burhaini Faizal

Seorang pasien sedang menjalani akupuntur untuk melangsingkan tubuhnya.

Pelangsingan tubuh kerap dianggap kebutuhan untuk menyempurnakan kecantikan. Padahal, tidak sekadar cantik, tubuh yang langsing juga menunjang kesehatan. Tidak terhitung berapa banyak cara sekarang ditawarkan untuk membantu seseorang melangsingkan tubuh, mulai dari cara medis hingga pengobatan alternatif.

Namun, akupuntur atau tusuk jarum yang dikenal sebagai cara pengobatan tradisional Tiongkok hingga kini tetap terbilang cara paling aman untuk melangsingkan tubuh, dan nyaris tidak ada efek samping yang bersifat negatif.

Tusuk jarum atau akupuntur merupakan bagian penting dari ilmu kedokteran tradisional Tiongkok. Meskipun awalnya digunakan semata-mata sebagai suatu cara pengobatan, tetapi berangsur-angsur akupuntur berkembang menjadi suatu disiplin ilmu.

Dalam pengurangan berat badan, tusuk jarum biasanya ditujukan untuk membangkitkan kembali cara kerja metabolisme tubuh pasien.

“Dengan tusuk jarum, metabolisme tubuh diaktifkan kembali,” ungkap Sonya Go, dokter ahli akupuntur, ketika ditemui baru-baru ini di sela-sela pembukaan Holistic Center, pusat kesehatan, kecantikan, dan pelangsingan tubuh, yang berlokasi di Jl Kemang Raya No 15 Lt.4, Jakarta Selatan.

Dalam pengobatan tersebut, jarum akupuntur ditusukkan ke sejumlah titik pada organ tubuh yang berhubungan dengan kegemukan. Misalnya, titik lambung, titik pencernaan, titik usus besar, titik usus kecil, serta syaraf pikiran.

Setelah jarum ditancapkan, titik-titik tersebut distimulasi dengan cara digetarkan memakai aliran listrik selama sekitar 20 menit. Untuk sekali akupuntur pelangsingan tubuh, biasanya dokter mengambil sekitar 20 titik syaraf pasien.

Pengobatan akupuntur terhadap pasien yang mengalami kegemukan tidak bisa dilakukan secara pukul rata. Pasalnya, kegemukan bisa dipicu penyebab yang berbeda-beda.

Pasien yang gemuk karena keturunan biasanya berbeda dengan mereka yang kegemukan karena tidak disiplin terhadap makanan. Tetapi, pengobatan akupuntur pasien yang gemuk karena tidak disiplin terhadap makanan biasanya lebih mudah, yakni dengan menekan nafsu makan mereka.

“Melalui teknik akupuntur, nafsu makan pasien dikontrol,” ungkap Sonya, yang belajar pengobatan akupuntur di St.Petersburg Traditional Chinese Medicine (TCM), Florida, AS. Nafsu makan ditekan dengan memasangkan jarum kecil di sekitar bagian telinga pasien.

Tidak ada rasa sakit ketika sejumlah titik di organ tubuh dipasangi jarum yang digetarkan. Bahkan bisa dibilang pengobatan akupuntur terasa nyaman. Tusuk jarum biasanya dilakukan sekitar 20 menit. “Setelah perawatan ke-2 atau ke-3 biasanya pasien tertidur saat menjalani akupuntur, karena dirilekskan,” ungkap Sonya Go, yang mengawali pengobatan akupuntur sejak tiga tahun silam dengan membuka kliniknya yang pertama, Holistic Centre di Jl Darmawangsa 2B/6, Kebayoran Baru, Jakarta.

Pengobatan akupuntur itu sendiri, tidak bisa berjalan efektif apabila tidak diimbangi dengan perawatan nutrisi. Pengarahan nutrisi itu sendiri tidak berarti diberlakukan penentuan makanan apa yang harus disantap pasien.

“Mereka bebas makan apa saja, tetapi mereka harus tahu keseimbangan di dalam tubuh mereka, dan apa yang dibutuhkan oleh tubuh mereka,” ungkap Sonya, yang menangani problem kecantikan dan kesehatan tubuh pasiennya dengan memadukan budaya Timur dan Barat.

Dari berbagai kasus yang ada, banyak orang mengalami kegemukan karena suka menyantap protein dari daging-dagingan, ketagihan santapan siap saji (fast food) yang berkalori sangat tinggi, serta tidak menyukai sayuran. Akibatnya, terjadi penumpukan lemak yang sangat berlebihan di tubuh pasien.

“Jenis makanan juga sangat menentukan terjadinya problem kegemukan,” Sonya menandaskan.

Alih-alih terjadi efek samping, dengan tusuk jarum sebaliknya tubuh menjadi bugar, sehat, dan merasa berenergi. Nyaris tidak ada efek samping yang bersifat negatif. Memang, sejumlah pasien merasakan ngantuk dan kerap buang air kecil ketika baru seminggu menjalani akupuntur.

“Mereka belum terbiasa. Mengubah pola makan sangat sulit. Apalagi mereka yang terbiasa menyantap makanan yang berkarbohidrat tinggi. Pasti terasa perbedaan. Misalnya cepat ngantuk,” tuturnya.

Tetapi, setelah perawatan dijalani selama sepuluh hari, kondisi biasanya bagus kembali. Diungkapkan, akupuntur untuk melangsingkan tubuh harus dibantu dengan pengobatan herbal.

Sebab, jika dibantu dengan herbal, para pasien bisa mengatur kalori dengan baik tanpa ada efek kekurangan gizi. Herbal yang diberikan bagi pasien itu sendiri terdiri dari beberapa jenis, mulai dari herbal pengganti kalori untuk pagi hari, herbal untuk penambahan jumlah kalori, herbal untuk pembakaran kalori, serta herbal untuk membakar lemak yang sudah ada.

Mengacu pengalaman yang ada, dengan pengobatan akupuntur dan konsumsi herbal, berat badan pasien bisa berkurang 2-8 kilogram per bulan. Tidak tertutup kemungkinan, tubuh pasien yang berhasil diperamping dengan akupuntur dapat kembali gemuk. Maka, pola makan juga harus diatur.

Selain itu, pasien yang sudah berhasil turun berat badannya harus berupaya tetap banyak makanan yang mengandung serat tinggi serta sesekali melakukan program detoksifikasi dengan mengkonsumsi apel seharian penuh selama tiga hari berturut-turut. Biasanya, detoksifikasi dengan mengkonsumsi apel selama tiga hari berturut-turut akan menyebabkan terjadinya pembuangan kotoran dari dalam tubuh secara luar biasa.

Setelah pembuangan kotoran berlangsung, pasien biasanya akan bertambah bugar, tubuh pun terasa enak dan ringan. Selain akupuntur, Holistic Centre juga memberikan perawatan-perawatan kesehatan dan kecantikan yang lain untuk menunjang program pelangsingan badan yang sudah dilakukan dengan cara tusuk jarum.

Pasalnya, banyak pasien yang sudah berhasil menurunkan berat badan menggunakan akupuntur malah tampak kelihatan makin tua, kusam, dan lesu. Wajar saja, karena lemak-lemak yang ada di sekitar wajah jadi berkurang.

”Kulit yang tadinya berisi lemak, sekarang kosong. Di situlah, disarankan pasien untuk mendapat perawatan tusuk jarum di wajah mereka. Dengan perawatan kombinasi, tubuh pasien tidak hanya ramping, tetapi wajah mereka juga semakin bersih dan mulus,” ungkap Sonya lebih jauh.

Bagi mereka yang takut dengan jarum, Holistic Centre menyediakan berbagai teknik perawatan lain menggunakan berbagai teknologi yang moderen, tetapi dengan harga terjangkau. “Dari pasien sendiri, kami mengharapkan tekad dan kemauan mereka,” ungkap Sonya. Tanpa tekad kuat, program pelangsingan badan dengan cara apa pun bisa dipastikan tidak akan bisa berhasil. [SP/Elly Burhaini Faizal]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 − 7 =

Get Adobe Flash player