Preview MotoGP: Sirkuit Mugello

STATISTIK SIRKUIT MUGELLO

Sirkuit Mugello adalah salah satu sirkuit favorit dalam Grand prix motor. Dengan panjang lintasan 5,245 km dan tikungan yang kompleks, sirkuit tersebut memiliki karakter teknis yang menantang bagi setiap pembalap.

Dengan trek lurus sepanjang 1,141 km, motor bisa digeber sampai lebih dari 340km/jam (rekor top speed 342,966 km/jam oleh Alex Barros, 2004, Honda). Namun, di ujung trek lurus, di depan podium San Donato, tikungan tajam ke kanan akan memaksa pembalap untuk menurunkan kecepatan motornya dengan sangat drastis. Dari 340 km/jam ke 100 km/jam.

Sejak diselenggarakan pada 1976, Honda memiliki catatan bagus di Mugello sebagai pabrikan yang merebut kemenangan terbanyak. Tapi melalui Valentino Rossi, Yamaha mendominasi beberapa tahun terakhir.

Berikut statistik penting MotoGP di sirkuit Mugello.

1. Barry Sheene menjadi pembalap pertama kelas utama yang menjadi juara. Dengan mengendarai Suzuki, legenda grandprix motor itu hanya unggul 0,1 detik dari runner-up Phil Read. Itu adalah salah satu gap terkecil dalam lomba kelas utama.

2. Honda adalah pabrikan paling sukses dalam lomba kelas utama. Mereka membukukan 14 kemenangan.

3. Yamaha mengoleksi 6 kemenangan di Mugello. Pada 1978 mereka juara lewat Kenny Roberts, sedangkan pada 1991 oleh Wayne Rayney.

4. Didepan pendukungnya sendiri, Ducati belum pernah menang, tetapi selalu menempatkan pembalapnya di podium dalam 3 tahun terakhir. Mereka juga merebut pole dalam dua tahun terakhir, 2006 oleh Gibernau, dan 2007 oleh Stoner.

5. Mugello adalah salah satu sirkuit dalam kalender tahun ini, dimana Bridgestone belum pernah menang. Empat lainnya adalah Estoril, Assen, Sachsenring, dan Indianapolis.

6. Mick Doohan dan Valentino Rossi adalah pembalap dengan rekor kemenangan beruntun terpanjang di Mugello. Masing-masing dengan 6 kemenangan.

7. Valentino Rossi adalah pembalap grand prix motor tersukses di Mugello dengan 8 kali kemenangan, 6 kali di kelas utama, dan sekali di kelas 125 cc dan 250cc.

8. Loris Capirossi adalah pembalap Italia pertama yang menjadi pemenang di kelas utama di Mugello pada tahun 2000, yang pada saat itu masih menggunakan mesin 500cc.

Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Get Adobe Flash player