Ramping, Bugar, dan Cantik

AFP - Olah raga teratur membuat tubuh ramping dan bugar.

Tubuh yang ramping tentunya jadi idaman banyak wanita. Banyak orang yang melakukan usaha untuk tetap menjaga tubuhnya yang sudah ramping atau menurunkan berat badannya bila mengalami kelebihan berat badan.

Namun untuk mendapatkan tubuh yang ramping ternyata ada yang membabi buta, seperti secara drastis tidak makan nasi atau yang lain. Hal ini justru mendatangkan bahaya atau penyakit lain pada tubuh.

Untuk itu tubuh yang ramping akan sempurna bila bugar dan can- tik. Menurut dr Samuel Oetoro MS, SpGK, Clinical Nutrition Specialist, Wellness Consultant, Antiaging Consultant dari Semanggi Specialist Clinic Siloam Hospital, adalah dengan merubah pola makan, aktifitas dan pikiran.

Merubah pola makan adalah orang harus menjaga untuk tidak makan secara berlebihan. Kalau manusia kurang gerak dan banyak makan, ini akan mengakibatkan kegemukan. Kemudian mengurangi makan sesuai dengan kebutuhan.

Dalam hal ini mengurangi makan harus ada aturannya. Protein, karbohidrat dan lemak harus cukup. Begitu juga dengan vitamin dan mineral. Kalau vitamin dan mineral dirasakan kurang, maka bisa ditambah dengan asupan dari luar yang berbentuk makanan tambahan.

Perubahan pola aktivitas adalah manusia harus banyak olahraga atau bergerak. “Jangan malas, kalau bisa parkir kendaraan agak jauh, jadi bisa jalan kaki menuju ke kantor,” jelas Samuel. Lalu untuk olahraga, sebaiknya dipilih yang intensitasnya rendah, tapi waktunya lama. Sebagai contoh bisa melakukan olahraga jalan kaki selama satu jam dengan intensitas tiga atau empat kali seminggu.

Olahraga ringan kalau waktunya di bawah 30 menit, maka pada tubuh belum terjadi pembakaran lemak. Padahal tujuan dari olahraga itu adalah untuk membakar lemak. Olahraga jalan ini juga baik untuk melatih jantung dan paru-paru. Agar nyaman, untuk orang gemuk, harus menggunakan sepatu yang empuk dan kaos kaki tebal, agar kaki tidak lecet.

Pola Pikir

Bila semua itu sudah dijalani, yang berikutnya adalah perubahan pola pikir. “Orang harus berpikir positif, jangan mudah putus asa. Sebab program penurunan berat badan ini sering berhenti disatu waktu, dimana berat badan tidak turun-turun. Nah, kalau menghadapi hal demikian jangan bosan dan putus asa. Teruslah berpikir positif ini pasti akan berhasil,” ungkapnya.

Masalah makanan tambahan dan vitamin bagi Samuel adalah hal yang baik. Hanya saja sebaiknya dalam memilih makanan tambahan dan vitamin sebaiknya yang berasal dari bahan-bahan organik. Bahan-bahan yang bebas dari zat kimia kini banyak digunakan sebagai makanan tambahan tersebut.

Untuk makanan yang bisa memacu gairah atau aprodisiac nutrition adalah makanan yang bisa mempengaruhi aliran darah dan hormonal. “Makanan tersebut banyak terdapat pada arginin atau kacang-kacangan, coklat. Pada buah ada anggur, apel, alpukat dan daun kemangi. Hanya saja dalam mengolah bahan kacang-kacangan jangan digoreng. Bahan lainnya adalah omega 3, omega 9 dan minyak zaitun. Ini untuk diminum,” jelasnya.

Bila seseorang sudah mengkonsumsi makanan-makanan tersebut, maka aliran darah semakin lancar. Ini tentunya berpengaruh pada bagian tubuh seperti ereksi pada pria. Tapi bila mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung lemak jahat, justru bisa menyumbat aliran darah dan hasilnya akan membuat bagian tubuh terganggu. [ARS/M-15]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Get Adobe Flash player