Windows Server 2008 untuk Bisnis Berkesinambungan

AFP/Bay ISMOYO

Bisnis sekarang ini dijalankan secara komputerisasi yang didukung oleh server yang handal

Produsen peranti lunak terbesar di dunia, Microsoft Corporation, kembali menunjukkan keunggulannya dengan mengeluarkan tiga software terbaru yaitu Windows Server 2008, SQL Server 2008, dan Visual Studio 2008 yang disebut dengan gelombang server 2008.

Presiden Direktur PT Microsoft Indonesia Tony Chen mengatakan, kelompok peranti lunak server itu digunakan untuk membantu perusahaan dalam menciptakan bisnis yang berkesinambungan, mengurangi risiko, melakukan inovasi sekaligus mengendalikan biaya-biaya perusahaan. “Kami mendukung pemerintah dan perusahaan untuk membangun atau melakukan lompatan dalam melaksanakan teknologi informasi,” kata Tony baru-baru ini di Jakarta.

Windows Server 2008 kelanjutan dari Windows Server 2008 hadir dengan memberikan platform enterprise dan security sistem paling aman. Sistem yang disebut dengan Teknologi Network Access Processor (NAP) itu mampu meminimalisasi gangguan sistem dari luar.

Server Business Group Manager PT Microsoft Indonesia Adrian Anwar menjelaskan, NAP memiliki sistem karantina. Jika diketahui ada server yang tidak terdaftar dalam network maka secara otomatis server asing tersebut akan terkarantina.

“Kami menyebutnya otoriter kebijakan keamanan. Network secara otomatis dapat memaksa semua server yang terkoneksi padanya untuk mengikuti sistem keamanan yang ada,” kata Adrian.

Windows Server 2008 juga memiliki fitur yang disebut Server Core. Fitur ini membantu perusahaan yang memiliki medium low costumer dengan peforma yang lebih cepat. Windows Server memiliki infrastruktur sederhana dan dapat melakukan file sharing.

Paling Lengkap

Windows Server 2008 dikatakan Adrian memiliki virtualisasi yang paling lengkap di antara para kompetitor yang lain. Dengan Windows Server 2008, Semua aplikasi seperti terminal klien atau konektivitas user dapat divirtualisasikan. Windows Server 2008 juga mampu menjalankan beberapa sistem operasi termasuk Linux.

“Windows Server 2008 dengan life system menunjang kinerja bisnis perusahaan. Kecepatan control dalam tugas sehari-hari, cepat merespon perubahan bisnis sesuai kebutuhan,” katanya.

Windows Server 2008 ini telah diuji coba di PT Bank Central Asia Tbk, PT Bank Mandiri Tbk, dan PT Allianz Utama Indonesia. Dengan teknologi itu perusahaan dapat mengatur sistem file transfer, kontrol dan monitoring di seluruh cabang di Indonesia. Hal ini memberikan nilai tambah perusahaan dengan mempercepat time to delivery ke pelanggan.

Windows Server 2008 juga diadopsi oleh penyedia perangkat keras dan peranti lunak seperti Intel, Hewlett Packard dan Sun Microsystem. Marketing Director Technology Solution Group Hewlett Packard Indonesia, Jurius mengatakan, Windows Server 2008 memberikan simplicities, reliabilities sehingga memaksimalkan pemanfaatan virtualisasi dengan sistem yang lebih luas.

Sementara, SQL Server 2008 memungkinkan kecanggihan teknologi dapat diakses oleh siapa saja dengan integrasi Microsoft Office. Dengan SQL Server 2008 perusahaan dapat memonitor, menganalisis, merencanakan bisnis mereka, meningkatkan akuntabilitas dan kinerja perusahaan. Tiga fitur utama SQL Server 2008 yaitu Team Model, Process Model dan Infrastructure Tools. SQL Server 2008 membantu efisiensi kinerja perusahaan dalam melakukan manajemen database perusahaan.

Visual Studio 2008 diperuntukkan para IT profesional maupun programmer dalam mengembangkan aplikasi server. Visual Studio dapat dimanfaatkan untuk handphone dan web internal.

Gelombang Server 2008 ini secara resmi akan diluncurkan pada tanggal 27 Februari 2008 di Los Angeles. Sementara, di Indonesia Software ini akan dipasarkan mulai 4 Maret 2008 Di Jakarta Convention Center. [DLS/N-5]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − 8 =

Get Adobe Flash player