Kepiting Kelapa

By: enj

Bagi Anda penggemar makanan laut dan makanan Italia dan sangat menyukai kepiting, Restoran Italia il Mare Hotel Mulia menyajikan crackin coconut crabs atau kepiting pemecah kelapa yang menjadi makanan spesial di bulan Maret.

Chef il Mare, Flavio Manzoni menghadirkan kepiting asal Maluku bernama crackin coconut crabs karena hewan berwarna hijau ini mahir memanjat pohon kelapa dan memecahkan batok buah kelapa untuk kemudian menikmati daging buahnya. Kepiting ini hanya terdapat di iklim tropis di sekitar lautan Pasifik dan bisa berberat mencapai 4 kilogram. Hewan ini jika dibentangkan, memiliki panjang kaki hingga dua meter. Hewan ini bahkan telah berevolusi untuk hanya hidup di pesisir dan bukan di dasar lautan.

Flavio mengatakan, di Italia, kepiting tergolong sangat mahal karena hanya dapat diimpor dari lautan Pasifik. Chef itu kemudian meracik kepiting dimaksud dalam sajian menu yaitu Dover Sole Stuffed with Coconut Crab In Lemon Sauce sebagai menu utama. Kemudian ada Coconut Crab Cake sebagai appetizer atau makanan pembuka. Pearl Gnocchi with Coconut Crab in Lobster Juice Roasted Garlic sebagai pasta dan terakhir, Veal Scaloppini Terra Mare In Green Sauce.

Mencicip Coconut Crab Cake tak bedanya dengan memakan buah kelapa. Rasanya seperti daging kelapa. Menu ini terbuat dari coconut crab, telur, Panko Bread Crumb, santan kelapa, bawang merah dan lada merah. Kesemua bahan-bahan ini kemudian dicampur dan digoreng. Kemudian dibentuk seperti kue kecil. Hasil tampilan seperti perkedel. Ketika dibelah terlihat jelas serat-serat daging kepiting. Rasanya gurih, manis dan kental rasa kelapanya.

Kemudian berikutnya, Pearl Gnocchi With Coconut Crab in Lobster Juice Roasted Garlic terbuat dari Potato Pearl Gnocchi, coconut crab, lobster yang dijus, kemudian 50 tomat San Marzano, santan kelapa, bawang putih, Julienne rocket, dan lemon Zest. Hasilnya, pasta kentang dengan saus khas Italia. [DLS/N-5]

Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

User Online

Back to Top
Get Adobe Flash player