Menanggulangi Darah Tinggi

By: enj

Angka penderita penyakit darah tinggi (hipertensi) kian hari semakin mengkhawatirkan. Seperti yang dilansir oleh The Lancet, di tahun 2000 saja sebanyak 26 % atau sama dengan 972 juta orang dewasa di dunia menderita hipertensi. Angka ini terus meningkat tajam, diperkirakan pada tahun 2005 nanti sekitar 29 % orang dewasa di seluruh dunia yang menderita hipertensi. Menurut criteria dari WHO orang yang menderita darah tinggi adalah mereka yang memiliki tekanan darah diatas 160/95, Sementara bila kurang dari 140/90 disebut sebagai normotensi dan bila diantara keduanya disebut borderline hipertensi. Gejala-gejalanya antara laini pusing, sakit kepala, keluar darah dari hidung secara tiba-tiba, tengkuk terasa pegal, dan lain-lain.

Penyakit yang banyak dipengaruhi oleh cara dan kebiasaan hidup seseorang ini sering diseut sebagai the silent disease karena umumnya penderita tidak mengetahui kalau dirinya mengidap. Hipertensi juga dikenal sebagai heterogeneous group of disease karena dapat menyerang siapa saja dari berbagai kelompok umur, social dan ekonomi. Pengobatan yang serius dan telaten sangat dibutuhkan karena kalau tidak ditangani dengan serius penyakit ini dapat menimbulkan komplikasi lain seperti serangan jantung dan stroke.

Untuk itu memeriksakan diri secara rutin ke dokter adalah anjuranyang sebaiknya dilakukan. Dari sini kondisi kesehatan tubuh bisa diperiksa sehingga mencega terjadinya komplikasi yang lebih serius.

Usaha dari dalam diri juga sangat perlu untuk menanggulangi hipertensi. Diet rendah garam, diet rendah lemak dan selalu memerhatikan makanan yang akan dimakan dinilai sangat membantu proses penanggulangan hipertensi. Sering-seringlah makan buah-buahan dan sayuran yang berserat tinggi untuk menunjang pola hidup sehat.

Rokok dan alcohol adalah dua hal yang akan memperbesar resiko serangan jantung, karenanya berhentilah merokok dan minum alcohol mulai dari sekarang. Kesehatan Anda merupakan hal yang penting juga bagi keluarga dan orang-orang yang mencintai Anda ?

Kalau selama ini waktu senggang hanya diisi dengan tidur atau bermalas-malasan, Sebaiknya mulai sekarang mulai meluangkan waktu sedikit untuk berolah raga. Tapi sebelum melakukan aktivitas ini ada baiknya jika berkonsultasi dulu dengan dokter untuk mengetahui porsi olah raga yang tepat.

Memang bukan hal yang mudah untuk dengan segera mengubah pola hidup dari yang biasa dilakukan. Tapi dengan sedikit demi sedikit mencoba untuk hidup sehat tentu kualitas hidup menjadi hidup menjadi lebih baik bagi Anda dan lingkungan di sekitar Anda.

Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

User Online

Back to Top
Get Adobe Flash player