Etnografi

By: enj

Apa itu ?

Kalau Anda memiliki hobi mengamati secara langsung mengenai perilaku orang, kebiasaan seseorang maupun group atau perusahaan dalam konteks sosial dan budaya sehari-hari. Maka sebenarnya Anda sedang melakukan Etnografi.

Tahukah sahabat bahwa Etnografi bertujuan untuk mengetahui motivasi atau kekuatan-kekuatan apa saja sehingga seseorang melakukan sesuatu.
Karena alasan tersebut maka metode Etnografi banyak digunakan dikalangan dunia bisnis yang sering tidak bisa didapatkan dari metode riset konsumen lainnya seperti survey atau focus group. Melalui Etnografi kita bisa mendapatkan informasi secara akurat mengenai perkembangan budaya yang sedang menjadi trend maupun gaya hidup yang mempengaruhi konsumen untuk menggunakan produk.
“ Ethnography is a way to get up up close and personal with consumers “. Eric Arnold, professor Marketing dari University of Nebraska.

Bagi Anda yang terlibat didunia Pemasaran, Jual-Menjual produk maupun jasa pastilah sudah pernah mencoba Metode Etnografi ini baik secara sadar maupun tidak.
Melalui metode Etnografi ini, banyak hal atau informasi yang bisa kita dapatkan yang justru membukan kesempatan atau peluang baru untuk menjual produk, ingat jangan terpaku menjual produk yang hanya kita punya.

Inga-inga2x…..Bila Anda sedang duduk-duduk di pub atau cafe, dan melihat segerombolan lawan jenis Anda yang sedang melihat Anda dengan penuh minat, jangan GR dulu. Mungkin Anda sedang dijadikan bahan riset.

Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

User Online

Back to Top
Get Adobe Flash player