Karakteristik Pengguna Smartphone

“Apa yang dikatakan telepon seluler (ponsel) Anda tentang diri Anda?”

Tahun lalu, dengan bantuan beberapa penelitian, sebuah daftar karakteristik dibuat dan mendeskipsikan tipe seseorang berdasarkan ponsel yang digunakan, bersamaan dengan selebriti yang memiliki ponsel itu. Hasil dari survei ini, mereka yang memiliki Motorola RAZR umumnya ternyata adalah seseorang yang sadar mode, bersifat individualistik dan seorang pencari kesenangan. Selebriti seperti Paris Hilton, Rachael Bilson, dan Micha Barton adalah orang-orang yang menggunakan ponsel itu dan mereka berperan dalam membentuk stereotipe tersebut.

MSNBC yang melakukan penelitian itu, baru-baru ini memfokuskan pada smartphone terbaru. Karakteristik yang dibahas kali ini ber- kaitan dengan smartphone yang sedang populer seperti Blackberry, Treo, Sidekick, dan iPhone. MSNBC menghubungi masing-masing perwakilan dari perusahaan dan ahli untuk memberikan opini mereka tentang tipe pengguna yang tertarik pada masing-masing alat, dan ini yang mereka katakan:

Blackberry. Peranti ini ternyata populer dan banyak digunakan pekerja di bidang keuangan, event organizer, pegawai pemerintahan, penegak hukum, salesman, dan jurnalis. Namun, model terbaru Blackberry ternyata menarik perhatian orang di luar kalangan yang sudah disebut, termasuk para ibu atlet sepakbola. Hal itu, diungkapkan wakil presiden marketing Research In Motion (RIM), Mark Guibert.

Mencandu

Pengguna Blackberry menyiratkan seseorang yang mencandu dengan alat ini dan secara konstan terhubung dengan sekelilingnya. Hal itu menyimpulkan, bahwa para pengguna Blackberry adalah mereka yang secara konstan terkoneksi dengan kantor mereka.

“Pengguna Blackberry cenderung cepat menjadi kecanduan dan terbentang sejumlah penderitaan yang mengikuti. Mulai dari ‘blackberry thumb’ (masalah stres yang berulang) sampai ‘phantom Blackberry syndrome’ ketika seorang pengguna tidak membawa Blackberry, namun tetap merasakan getaran buzz (pada fasilitas chatting, Red),” kata Guibert.

Peranti berikutnya yakni Treo. Siapa yang menggunakan? Treo umumnya populer di antara para penulis dan seniman pemula. Para pendidik, ahli keuangan, pegawai pemerintahan, petugas kesehatan, pengacara dan para pedagang berlomba memiliki alat itu. “Umumnya, pembeli Treo cenderung para profesional aktif berusia 35-54 tahun. Mereka berasal dari beragam industri mulai petugas kesehatan hingga pekerja bank dan hukum,” kata juru bicara Palm, Dolleen Cassey.

Apa yang dikatakan Treo tentang Anda? “Pengguna Treo cenderung organization-minded daripada pengguna iPhone atau Sidekick,” kata analis pasar telepon seluler Current Analysis, Avi Greengart.

Selanjutnya adalah Sidekick. Peranti ini digunakan penulis, manajer, event organizer, promotor, pelaku bisnis, musisi, DJ, aktor, atlet profesional, eksekutif muda dan mahasiswa.

Pengguna Sidekick diperkirakan adalah seseorang mampu memberi pengaruh pada teman-temannya. Seseorang yang berlatar belakang multikultur dengan berbagai macam teman. Sering mengikuti perkembangan musik dan gadget terbaru. Memiliki jaringan (lokal) yang luas dan harus selalu dihubungi. Multitaskers, mengerti teknologi dan selalu mengetahui perkembangan terbaru,” kata penulis dari Waggener Edstrom, Jackson Jeyanayagam.

Berikutnya adalah iPone. Siapa yang menggunakan? Pengguna alat ini umumnya seseorang yang menentang kemapanan dan mencari cara yang berbeda untuk menarik perhatian dengan alat canggih. Semua orang pasti punya satu, termasuk orang kelas atas.

Apa yang dikatakan iPhone tentang Anda? Anda ingin yang terbaru dan terbaik. Anda seorang penggila hiburan, dan Anda menginginkan integrasi terbaik dari musik dan konten iTunes karena Anda sangat familiar dengan sistem tersebut.

Namun, ini bukanlah gambaran yang akurat dari para pengguna smartphone, tetapi itulah yang dikatakan para ahli. Jadi bagaimana pendapat Anda? Apakah penilaian ini mendekati atau malah jauh dari kebenaran? [DLS/N-5]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.