Nominator Ponsel GSM Terbaik 2008

By: enj

Para Nominator Ponsel GSM Terbaik 2008
Para Nominator Ponsel GSM Terbaik 2008

Ingin tahu nominator ponsel-ponsel terbaik tahun ini? Barangkali ada ponsel kamu atau yang tengah menjadi inceran kamu. Ya, Mobile World Congress atau yang lebih dikenal 3GSM baru saja mengumumkan para nominatornya.

“Namun ada yang lucu dalam pengumuman kali ini, panitia 3GSM semula mencantumkan Samsung G900 yang sebetulnya belum keluar secara resmi, tiba-tiba kemudian diralat menjadi Samsung G600”

Empat nominator pesaing Samsung G600 diantaranya LG KU990 Viewty yang baru saja diluncurkan di pasar Indonesia, lalu Nokia 6500 klasik, dan Sony Ericsson W910 serta kandidat underdog ponsel Skype garapan 3UK.

Beberapa kriteria penilaian mencakup kualitas seperti kesederhanaan penampilan namun memikat, kemudahan penggunaan, kekayaan fitur yang terintegrasi, kecepatan akses terhadap variasi konten dan layanan bergerak, dan inovasi desain juga turut menentukan.

Selain menentukan penilaian apa yang melekat pada ponsel, juri dari GSMA juga mempertimbangkan faktor diluar teknis diantaranya nilai jual yang unik, pertimbangan ramah lingkungan, dan hemat energi.

Beberapa nominasi ponsel terbaik 2008, diantaranya memiliki keunggulan dari kategori yang berbeda. Hanya LG Viewty dan mungkin juga Sony Ericsson W910 yang kami anggap cukup layak pada seleksi awal. Sedangkan Nokia N95 8GB yang memiliki kemampuan hebat di fitur multimedia tidak memiliki padanan kategori disini.

“Sementara Apple iPhone cukup layak disebut sebagai ponsel yang menggunakan user interface revolusioner. iPhone tidak sendirian dikelas ini, pesaing kuat datang dari Samsung F700 yang juga mengandalkan user interface fenomenalnya, Croix. Tahun ini memang perjuangan berat bagi ponsel-ponsel layar sentuh untuk bersaing”

Perubahan lain dalam kompetisi kali ini adalah seluruh handset hanya masuk dalam satu kategori saja, yaitu gelar ponsel GSM terbaik 2008. Berbeda dengan tahun lalu, gelar ponsel GSM terbaik jatuh pada Sony Ericsson K800, sedangkan runner-up-nya Samsung Z560 mendapat gelar “Highly recommended”. Dan ada juga pemenang untuk kategori lain yaitu Samsung D900 yang mendapatkan gelar sebagai “Best Made for Mobile Infotainment for Sports & News Content”.

iPhone, revolusioner
iPhone, revolusioner

Pemenang akan diumumkan pada Selasa, 12 February 2008, pada pagelaran industri komunikasi terbesar di dunia, “Mobile World Congress” di Barcelona Spanyol (kongres ini berlangsung dari 11-14th February 2008). Silahkan tebak ponsel mana yang bakal jadi jawara tahun ini?

Diambil dari Rileks.com

Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

User Online

Back to Top
Get Adobe Flash player