Katarak dan Penurunan Produktivitas

Katarak
Katarak umumnya terjadi karena proses degeneratif atau bertambahnya usia seseorang. sp/luther ulag

Mata sebagai indera penglihatan bekerja seperti sebuah kamera berlensa. Layaknya sebuah kamera, lensa mata yang terletak di dalam mata (di belakang iris) bertugas memfokuskan cahaya agar membentuk suatu bayangan yang tajam di retina.

Retina bekerja seperti film pada sebuah kamera yang berfungsi untuk merekam bentuk bayangan suatu objek dalam bentuk gambar. Gambar tersebut dihantarkan melalui saraf optik menuju otak untuk diterjemahkan menjadi sesuatu yang kita lihat.

“Katarak adalah perubahan lensa mata yang sebelumnya jernih dan tembus cahaya menjadi keruh, sehingga menyebabkan penderita tidak bisa melihat dengan jelas karena dengan lensa yang keruh cahaya sulit mencapai retina dan akan menghasilkan bayangan yang kabur pada retina,” ujar dr Ferdiriva, SpM dari Siloam Hospitals Lippo Cikarang.

Jumlah dan bentuk kekeruhan pada setiap lensa mata dapat bervariasi. Jika keruhan tidak terletak di bagian lensa mata, penderita katarak mungkin tidak menyadari telah mengalami gangguan katarak.

Katarak terjadi secara perlahan- lahan, sehingga gangguan yang terjadi pun berangsur-angsur. Meskipun katarak tidak menulari mata yang lain, namun katarak dapat terjadi pada kedua mata secara bersamaan.

Ada beberapa jenis katarak yang dikenal, antara lain katarak kongenital, yaitu katarak yang diderita bayi dan anak-anak yang biasanya disebabkan oleh infeksi virus pada saat sang ibu hamil, katarak senilis, yaitu katarak yang disebabkan oleh proses penuaan.

Sebagian besar pasien katarak menderita katarak jenis ini katarak traumatik, yaitu katarak yang disebabkan oleh trauma atau kecelakaan langsung pada mata, serta katarak komplikata yang disebabkan oleh infeksi atau penyakit tertentu seperti penyakit kencing manis.

Gejala

Gejala umum gangguan katarak meliputi penglihatan yang tidak jelas, seperti terdapat kabut yang menghalangi objek, peka terhadap sinar atau cahaya, pandangan berbayang, atau melihat dobel pada satu mata, memerlukan pencahayaan yang terang untuk dapat membaca, dan lensa mata berubah menjadi buram seperti kaca susu.

“Katarak umumnya terjadi karena proses degeneratif atau bertambahnya usia seseorang, yang biasanya terjadi di usia 50 tahun ke atas,” lanjut Riva panggilan .

Faktor keturunan atau aspek genetik, cacat bawaan sejak lahir; masalah kesehatan seperti diabetes, penggunaan obat tertentu, khususnya steroid, mata tanpa pelindung terkena sinar matahari dalam waktu yang cukup lama, serta trauma (kecelakaan) pada mata adalah faktor-faktor lain penyebab katarak. Katarak dapat dideteksi melalui pemeriksaan yang menyeluruh oleh dokter spesialis mata.

Pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui penyebab lain kekeruhan pada lensa, gangguan pada mata, dan seberapa jauh tindakan operasi perlu dilakukan. Adalah baik melindungi mata terhadap sinar matahari yang berlebihan terutama pada siang hari dengan menggunakan kacamata gelap yang dapat menghalangi sinar ultraviolet.

Asupan multivitamin dan mineral juga dapat menurunkan resiko terjadinya katarak.

Operasi katarak diperlukan apabila katarak telah menyebabkan hilangnya penglihatan dan mengganggu kegiatan sehari-hari.

Namun, apabila terdapat gangguan pada kornea, retina dan saraf penglihatan, sebelum menjalani operasi katarak, dokter spesialis mata akan menjelaskan berapa banyak perbaikan penglihatan akan dicapai setelah operasi katarak. Operasi dilakukan salah satunya dengan menggunakan peralatan berteknologi canggih dengan teknik fakoemulsifikasi (tanpa jahitan) di mana lensa keruh diangkat dan digantikan dengan lensa intraokuler yang ditanam secara permanen.

Lebih dari 95 persen tindakan operasi menghasilkan perbaikan penglihatan. Sangat jarang terjadi komplikasi meskipun dapat terjadi saat operasi maupun setelah operasi. Segera menghubungi dokter apabila terjadi gangguan mata sekecil apapun setelah operasi.

Pada sebagian orang yang telah menjalani operasi katarak, kapsul atau selaput dimana lensa intraokular terpasang dapat menjadi keruh, sehingga diperlukan terapi laser untuk membuka kapsul yang keruh. Katarak merupakan masalah nasional yang harus segera ditanggulangi karena dapat menyebabkan penurunan produktivitas bahkan kebutaan [WIN/M-15]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Get Adobe Flash player