Microsoft Office Communication Server 2007 Hematkan Biaya

By: enj

OCS 2007
Microsoft Office Communications Server (OCS) 2007 , salah satu produk unggulan yang termasuk dalam kelompok produk Microsoft Unified Communications (UC), peranti lunak untuk mengoperasikan Voice over Internet Protocol (VoIP), video, instant messaging (IM) dan konferensi, baru-baru ini dinobatkan sebagai produk VoIP tahun 2007 versi CRN (www.crn.com).

Dalam laporan CRN yang dirilis tanggal 6 Desember 2007 lalu, dikatakan bahwa dengan diluncurkannya OCS 2007, Microsoft telah menciptakan keseimbangan pada revolusi VoIP saat ini. OCS telah menciptakan kehebohan pada saat memasuki pasar awal tahun 2007. OCS kini menjadi produk pilihan sebagai produk VoIP tahun ini di CRN Test Centre, demikian dilansir oleh CRN (lihat berita selengkapnya di http://www.crn.com/hardware).

Menurut Unified Communications Group Manager PT Microsoft Indonesia, Lukman Susetio saat ini solusi UC telah diterapkan secara menyeluruh di beberapa perusahaan besar di Indonesia seperti seperti Excelcomindo Pratama, Bank Danamon, Petrosea dan Bosowa.

“Sejak diluncurkannya pertama kali di Indonesia tanggal 1 November 2007 yang lalu, perkembangan revenue solusi UC di Indonesia sangat menggembirakan. Pada periode masa penjualan bulan Juli hingga akhir Desember 2007 ini, pendapatan dari OCS telah berkembang lebih dari 100 persen atau dua kali lipat dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Ini menunjukkan kepercayaan yang besar dari perusahaan-perusahaan di Indonesia akan solusi Microsoft UC,” kata Lukman.

Solusi UC menjadi salah satu solusi yang paling hot di perusahaan-perusahaan saat ini, karena dapat membantu menekan biaya komunikasi, meningkatkan produktivitas dan efisiensi serta persaingan. “Kami optimis bahwa pasar OCS akan berkembang lebih besar lagi di tahun mendatang.” katanya lagi.

OCS merupakan bagian dari solusi Microsoft Unified Communications, dimana pilar lainnya yang sangat berhubungan erat adalah Microsoft Exchange 2007 yang berfungsi tidak hanya sebagai solusi e-mail saja, namun sudah terintegrasi dengan solusi voice mail dan faks, sehingga seorang pengguna dapat mengecek e-mail mereka tidak hanya di Outlook saja, namun juga di voice mail dan faks mereka.

OCS juga mampu berfungsi sebagai stand-alone IP-PBX, dan dapat bekerjasama dengan banyak sistem PBX yang telah dipakai saat ini (legacy system) sehingga tidak perlu untuk rip and replace.

Dengan peranti itu, Petrosea dapat menekan biaya perjalanan dan Excelcomindo menekan biaya komunikasi . PT Petrosea Tbk, sebuah perusahaan pertambangan yang mempunyai mitra strategis di Australia, Clough Limited. “Kami adalah sedikit dari perusahaan Indonesia yang menyediakan jasa IT outsourcing untuk perusahaan global.” Kata Gary Doucet, MIS Group Manager, IT Department, Clough Limited – Australia dan PT Petrosea Tbk – Indonesia. Menurutnya kini e-mail sudah tidak dapat lagi mencukupi kebutuhan mereka dalam berkomunikasi. “Bagi kami, OCS merupakan kepingan yang sangat penting untuk sebuah gambar yang lebih besar. OCS menciptakan komunikasi yang dapat diandalkan bagi anggota tim yang berada di berbagai lokasi yang berbeda,” ujarnya.

Ditambahkannya, “Saya menemukan seorang staf yang bekerja di Pakistan yang menggunakan fasilitas OCS ini setiap hari karena OCS dapat menghemat biaya,” lanjutnya. Ia menyakini bahwa biaya perjalanan dinas telah menurun sekitar 20 persen dengan penggunaan OCS 2007 ini.

Sementara PT Excelcomindo Pratama Tbk mengadopsi teknologi Microsoft Unified Communications guna meningkatkan efektivitas berkomunikasi serta menekan Total Cost Of Ownership (TCO). “Dengan Unified Communications, kini kami tidak lagi menemukan kesulitan dalam menghubungi siapapun seperti yang pernah kami alami sewaktu menggunakan sistem PBX. Hal ini sebuah solusi yang sangat membantu kami dalam menekan biaya komunikasi jarak jauh,” kata Efrie Gunawan, GM IT Infrastructure, PT Excelcomindo Pratama. [PR/N-5]

Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

User Online

Back to Top
Get Adobe Flash player