iPhone, “Gagdet” Paling Diminati di 2007

By: enj

Orang sudah tidak sekadar membeli gadget karena fungsi alat itu, tetapi juga kemampuannya memberi nilai lebih. Hal itu terlihat dari beredarnya gadget dengan teknologi terbaru, tercanggih dan dengan penampilan tercantik sepanjang tahun 2007. Gadget apa yang paling diminati ?
iPhone
Di penghujung tahun ini sejumlah media mengeluarkan daftar gadget yang paling diminati di seluruh dunia sepanjang tahun 2007.

Apple iPhone menjadi gadget paling diminati . Stuff Magazine edisi Inggris memilih Apple iPhone sebagai the coolest gadget in the world untuk tahun 2007. Produk yang sama juga dipilih oleh Majalah Time sebagai Invention of the Year (temuan tahun ini). Bahkan dari daftar yang diterbitkan situs pencari Google, hingga pertengahan Desember lalu Apple iPhone merupakan item yang paling dicari orang di samping Facebook dan Youtube.

Apple meluncurkan iPhone yang merupakan sebuah ponsel, pemutar musik dan video serta perangkat pencari internet awal tahun 2007 ini. Namun yang membuat produk ini berhasil menarik perhatian adalah kehadiran teknologi layar sentuhnya yang peka dan meninggalkan pena stylus.

Menurut Majalah Time iPhone menduduki urutan teratas karena gadget ini dinilai memiliki nilai lebih dalam hal inovasi penampilan dan kecanggihan fitur. “Apple telah mengembangkan iPhone tidak sekadar sebagai telepon tetapi juga memberikan pengguna program terbaru sehingga pengguna dapat menjadikan ini sebagai alat komunikasi sekaligus komputer yang dapat dibawa-bawa, bahkan akses pada Google dan berbagai aplikasi hanya dengan satu sentuhan jari,” ungkap editor majalah tersebut.

Sebagai catatan, Apple Inc. telah menjual satu juta unit iPhone lebih awal dari targetnya semula. Sebelumnya, CEO Apple, Steve Jobs sesumbar iPhone akan terjual sebanayak itu sampai akhir September saat iPhone diluncurkan Juni lalu. Ternyata, hanya butuh waktu 74 hari untuk mencapainya. Sebagai perbandingan saja, butuh waktu sekitar dua tahun agar iPod terjual hingga satu juta unit sejak diluncurkan.

Nick Clayton, penulis teknologi pada majalah the Scotsman mengatakan kesuksesan iPhone adalah karena langkah revolusioner yang diterapkannya. “Gadget ini memiliki apa yang dibutuhkan orang saat ini yaitu kemudahan dalam penggunaan dan penampilan yang menarik,” ujarnya. Pendapat tersebut didukung oleh pernyaaan Tom Dunsmore, Editor in Chief dari majalah Stuff Inggris. “Setiap tahun gadget telah menjadi bagian dari kebutuhan dan penampilan setiap orang. Karena itu mereka juga memilih gadget yang semakin canggih, sekaligus tampil semakin cantik,” kata Tom.

Daftar Top Ten Cool Awards Gadget yang terpilih adalah mengkategorisasikan produk dengan konsep yang mengedepankan teknologi terbaru dan tentu saja tampil gaya.

Apple iPhone menduduki urutan pertama, disusul Leica M8 kamera digital 10 Megapixel ditempat kedua. Posisi ketiga diduduki oleh iPod seri Tonium Pacemaker, yang disusul oleh mini laptop Sony Vaio UX1. Pada urutan kelima ditempati oleh permainan konsol komputer the smash-hit Nintendo Wii, yang penjualaannya melampaui PS3 serta XBOX 360.

Sementara urutan keenam ditempati oleh ponsel Sony Ericcson W880, kemudian ber- turut-turut Shanling MX-30 Amp Valve, kalkulator energi Watson, jam tangan Sony Ericsson MBW Blue- tooth dan yang terakhir iPod Nano MP3 Player.

Kemunculan iPhone sedikit banyak menjadi awal dari kemunculan gadget konvergen berkemasan cantik yang selama ini diidamkan. Berkat iPhone para vendor ponsel mulai berpikir untuk melakukan hal serupa.

Beberapa pembuat ponsel mu- lai mendandani perangkatnya de- ngan layar sentuh yang peka seperti iPhone.

Booming ponsel touchscreen juga diadopsi oleh ponsel-ponsel China yang di tahun 2007 memeriahkan pasar. Hanya saja fitur-fitur konvergen belum berani disertakan dalam perangkat komunikasi asal pabrikan China tersebut. Mereka pun mengemas produknya berlayar sentuh dengan membanderol harga yang sangat terjangkau. [berbagai sumber/W-10]

Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

User Online

Back to Top
Get Adobe Flash player