Lipoma (Gumpalan Lemak Lembut)

Lipoma yang telah diambil
Lipoma yang telah diambil

APA YANG DIMAKSUD DENGAN LIPOMA?
Lipoma adalah suatu gumpalan lemak lembut. Ini merupakan suatu tumor jinak ( non-cancerous) pertumbuhan yang tersusun dari sel lemak yang terkumpul bersama-sama di bawah kulit. Lipoma dapat terjadi di bagian manapun dari badan, di mana ada sel lemak. Lipoma sering terbentuk di dalam lapisan lemak di bawah kulit. Lipoma memiliki variasi dalam ukuran, dari ukuran kacang polong sampai beberapa centimeter garis tengahnya. Lokasi yang paling umum terdapat lipoma adalah pada atas bahu, dada dan punggung, tetapi daerah lain di kulit dapat berkembang juga suatu lipoma.

Selain itu, lipoma dapat terbentuk di dalam badan juga. Bagaimanapun, di dalam kebanyakan kasus penderita tidak akan sadar bahwa mereka mempunyai suatu lipoma, sebab mereka tidak bisa lihat dan lipoma jarang menyebabkan masalah. Lipoma pada umumnya menyajikan seperti, putaran, massa gesit, dengan suatu karakteristik lembut, seperti adonan. Kulit yang di dalamnya terdapat lipoma nampak normal. Lipoma kaleng yang pada umumnya dengan tepat didiagnose oleh penampilan klinis mereka sendiri.

Melalui mikroskop, lipoma terdiri atas mendewasakan adipocytes yang diatur di dalam lobules, banyak orang yang dikepung oleh suatu kapsul berserat. Yang adakalanya, suatu lipoma nonencapsulated menyusup ke dalam otot, dalam hal itu ditunjuk ke sebagai suatu menerobos lipoma.

Empat jenis lain lipoma mungkin dicatat di atas suatu spesimen biopsi:

1. Angiolipoma
Angiolipoma varian membentuk dengan co-existing perkembangbiakan vaskuler. Angiolipoma mungkin menyakitkan dan pada umumnya muncul tidak lama sesudah pubertas.

2. Pleomorphiclipoma
Pleomorphiclipoma adalah varian lain di mana bizarre, sel raksasa multinucleated adalah admixed dengan adipocytes. Normal Pleomorphic presentasi lipoma adalah serupa untuk bahwa dari yang lain lipoma, tetapi mereka terjadi sebagian besar di dalam manusia laki-laki usia 50 – 70 tahun.

3. Adipocytes
Sepertiga varian, sel gelendong lipoma, mempunyai gelendong langsing sel yang admixed di dalam suatu bagian yang dilokalisir muncul adipocytes. Adalah suatu yang baru saja varian yang diuraikan lipoma dangkal,

4. Adenolipoma
Adenolipoma ditandai oleh kehadiran eccrine kelenjar peluh di dalam tumor yang gemuk, jenis ini sering ditempatkan terletak di atas proximial bagian-bagian dari empedu.

APA YANG MENYEBABKAN LIPOMA?
Yang tepat penyebab lipoma tidaklah jelas. Kadang-Kadang lipoma akan dideteksi setelah suatu luka-luka/kerugian. Tetapi tidak pasti apakah mereka disebabkan oleh trauma atau apakah pendeteksian mereka hanya secara kebetulan. Lipoma juga cenderung untuk singgah di keluarga-keluarga yang secara sejarah mereka memiliki masalah dengan tumor jinak ini, faktor yang sangat hal azas keturunan yang mungkin berperanan dalam pengembangan mereka.

APA YANG MENJADI GEJALA SUATU LIPOMA?
Di dalam diri mereka, lipoma tidaklah serius dan paling lipoma tidak menyebabkan permasalahan atau gejala. Tumor ini tumbuh sangat pelan. Kadang-Kadang suatu lipoma di bawah kulit dapat tidak enak dipandang jika tumbuh menjadi beberapa centimeter ke seberang. Jarang, suatu lipoma menekan struktur yang lain dan menyebabkan masalah. Contohnya, jika orang menekan suatu syaraf mungkin menyebabkan sakit. Juga, jarang, suatu lipoma berkembang di dalam memusnahkan dinding dan permasalahan penyebab seperti sakit atau suatu kemacetan menyangkut saluran usus.
Kadang-Kadang suatu meneliti atau penyelidikan lain yang melakukannya untuk pertimbangan lain boleh mendeteksi suatu lipoma di dalam badan penderita.
Lipoma jarang berubah menjadi kanker. Satu negara sumber acuan medis ” Lipoma biasanya jarang mengalami sarcomatous change ( itu adalah berubah menjadi suatu jenis kanker ). Bagaimanapun, belum pernah ada peristiwa dengan meyakinkan didokumentasikan.” Maka, jika demikian lipoma menjadi kanker, itu sangat jarang.

BAGAIMANA CARA MENDIAGNOSIS SUATU LIPOMA?
Orang-orang yang memiliki lipoma mengetahuinya ketika mereka lihat dan merasa seperti gumpalan lembut, berbentuk kubah di bawah kulit mereka. Kebanyakan lipoma terdapat pada wanita – wanita setengah baya. Seseorang dapat menderita lipoma pada segala umur. Lipoma umumnya berkembang sekitar 1 dalam 100 orang terdapat satu atau lebih lipoma. Sebagian orang menerima warisan suatu kecenderungan untuk kembangkan lipoma dan mungkin punya beberapa tentang perbedaan bagian-bagian dari badannya. Kadang-Kadang sebanyak 20 atau lebih berkembang. Oleh karena itu, jadilah lebih umum untuk kembangkan hanya satu atau dua.

Seorang doktor dapat membuat suatu hasil diagnosa dengan pengujian fisik menyangkut gumpalan itu. Jika ada manapun keraguan, doktor boleh melakukan test lainnya, seperti suatu kepindahan atau biopsi jaringan. Ada suatu kesempatan sangat kecil yang suatu gumpalan menirukan suatu lipoma boleh benar-benar adalah suatu format kanker yang disebut liposarcoma. Liposarcoma atau cancerous tumor di dalam lapisan lemak tumbuh dengan cepat, jangan dipindahgerakkan di bawah kulit dan pada umumnya menyakitkan. Suatu biopsi jarum atau suatu CT meneliti secara khas melakukan jika doktor mulai mencurigai munculnya liposarcoma.

BAGAIMANA PERAWATAN BAGI PENDERITA LIPOMA?
Jika kamu mempunyai suatu lipoma, tidak ada perawatan pada umumnya perlu. Bagaimanapun, jika lipoma adalah di dalam suatu penempatan mengganggu, menyakitkan atau sedang bertumbuh, dokter mungkin merekomendasikan bahwa itu dipindahkan. Perawatan meliputi:

1. Steroid Injektion
Perawatan ini menyusutkan lipoma tetapi pada umumnya tidak dengan sepenuhnya menghapuskan tumor itu. Steroid suntikan secara khas menggunakan dengan tumor lebih kecil- itu kurang dari 2.5 centimeter di dalam garis tengah. Suntikan terbaik dilakukan di atas lipoma, kurang dari 1 inci di dalam garis tengah. Suatu one-to-one campuran 1 persen lidocaine ( Xylocaine ) dan triamcinolone acetonide ( Kenalog ), di dalam 1 dosis 10 mg saban mL, disuntik ke dalam pusat luka. Prosedur ini sebaiknya diulangi beberapa kali pada satu tahun. Volume steroid tergantung pada ukuran lipoma, dengan suatu rata-rata 1 bagi 3 mL total volume mengatur. Banyaknya suntikan tergantung pada tanggapan, yang diharapkan untuk terjadi di dalam tiga sampai empat minggu. Kesulitan, yang jarang, adalah hasil tentang pengobatan atau prosedur, dan kaleng dicegah dengan menyuntik yang paling kecil total jumlah yang mungkin dan dengan memposisikan jarum sedemikian sehingga itu ada di pusat lipoma.

2. Liposuction
Perawatan ini menggunakan suatu jarum dan suatu semprotan besar untuk memindahkan tumor yang gemuk itu. Liposuction pada umumnya dilakukan ketika lipoma adalah di dalam suatu penempatan di mana kamu ingin menghindari suatu parut besar. Adalah sukar untuk memindahkan keseluruhan tumor dengan teknik ini.

3. Surgical Removal
Perawatan ini dilakukan dengan operasi Lebih besar lipoma terbaik dipindahkan secara pembedahan dengan menggunting mereka ke luar lewat bius lokal. Lipoma hilang setelah pembedahannya. Orang – orang yang memiliki lipoma pada umumnya tidak memerlukan perawatan medis. Jika mereka tidak ingin diganggu oleh lipoma yang berkembang, kemudian yang terbaik hanya untuk meninggalkannya sendiri.

Bagaimanapun, sebagian orang menganggap lipoma itu tidak enak dipandang. Oleh karena itu, mereka memindahkan lipoma untuk alasan kecantikan. Sesungguhnya suatu lipoma perlu untuk dipindahkan jika sudah menyebabkan gejala seperti tekanan.

Kadang-kadang suatu lipoma di dalam badan dipindahkan untuk memperhatikan di bawah mikroskop untuk meyakinkan pertumbuhannya itu sehingga dapat dideteksi adalah suatu lipoma dan bukan sesuatu yang lebih serius. Lipoma adalah suatu gumpalan lemak yang pada umumnya tidak menyebabkan gejala atau permasalahan. Kebanyakan lipoma adalah kecil dan lebih baik ditinggalkan sendiri.

BAGAIMANA PROSES PENGAMBILAN LIPOMA DALAM TUBUH?
Bagaimanapun, suatu lipoma yang berkembang di bawah kulit dapat kadang-kadang tidak enak dipandang. Jika diperlukan, itu dapat dipindahkan oleh suatu operasi sederhana yang dilakukan di bawah obat bius lokal.Karena suatu lipoma yang terbentuk di bawah kulit, yang pada umumnya dapat dipindahkan oleh suatu pelajaran pelengkap operasi sederhana.

Kepedulian harus diambil untuk menghindari darah atau kegelisahan kapal yang berada hanya di bawah tumor. Sekali sebagian lipoma telah dibedah dari melingkupi jaringan, hemostatsis atau pengapit dapat berkait dengan tumor untuk menyediakan daya tarik kepindahan sisa pertumbuhan tumor itu. Sekali ketika dibebaskan, lipoma adalah yang dikirimkan secara keseluruhan. Melingkupi jaringan dalam lubang dapat untuk memastikan, melengkapi, menyudahi kepindahan tumor itu. Daftar kesulitan penghilangan/ pengucilan mungkin.cukup Hemostasis dicapai berikut kepindahan lipoma yang menggunakan hemostatsis atau jahitan ligation. Ruang yang mati tertutup di bawah kulit dikuburkan, menyela 3-0 atau 4-0 Vicryl jahitan. Adakalanya saluran mungkin telah untuk;menjadi menempatkan untuk mencegah mengalir akumulasi, tetapi ini seharusnya yang dihindarkan jika mungkin. Kulit kemudian adalah menutup dengan disela 4-0 atau 5-0 jahitan nilon. Pembalut luka tekanan ditempatkan untuk mengurangi timbulnya hematoma formasi. Pasien memberi instruksi kepedulian luka rutin, dan luka didaftarkan dua sampai tujuh hari. Jahitan dipindahkan setelah 7 – 21 hari, tergantung penempatan pada tubuh. Spesimen harus disampaikan untuk analisa histologik.

Beberapa obat bius lokal disuntik ke dalam kulit di atas lipoma itu. Sekali ketika kulit sangat adalah ‘numbed’ dengan obat bius lokal, suatu goresan memotong dibuat di atas lipoma itu. Lipoma kemudian dicabut ke luar dari yang memotong dan menebang dari dasar jaringan itu. Luka kemudian dijahit. Lipoma telah dipindahkan dari tubuh.

REFERENSI:
www.emedicine.com
www.wrongdiagnosis.com
www.mayoclinic.com
www.webmd.com
www.merck.com

http://fkuii.org/tiki-index.php?page=Lipoma7
__._,_.___

Share!

5 thoughts on “Lipoma (Gumpalan Lemak Lembut)

  • 6 June 2009 at 14:55
    Permalink

    wah… trimakasih nih informasinya. Barusan aku inginkan informasi seperti ini karena aku baru saja di operasi . Aku menderita lipoma extracranial.. kira-kira bisa nggak ya lipoma itu kambuh lagi? gimana caranya agar tidak kambuh lagi? tolong kasih aku informasi lagi biar tidak takut tu dengan lipomaku yang dah di operasi. trimakasih…

  • 6 June 2009 at 16:10
    Permalink

    Salam kenal mas, aku juga mempunyai pengalaman yang sama kok, operasinya di mana? menurut dokternya sih bekas operasi tidak akan kambuh lagi

  • 23 February 2011 at 13:41
    Permalink

    thnx tas info’a.td pg aq priksa kdoktr trnyta aq mempnyai lipoma di bawah lengan kri aq.klw dioperasi efek smping’a apa???trus biaya’a brpa y???thnx

  • 24 February 2011 at 07:24
    Permalink

    @mira: efek sampingnya insya Allah tidak ada, tahun 2009 biaya Rp 7 juta-an, 3 hari 2 malam kamar kelas I

  • 21 September 2011 at 11:01
    Permalink

    salam kenal, sekedar sharing: saya penderita lipoma juga. tahun 2000 sdh dioperasi 10 tempat (di tangan, kaki, dada & punggung), juli 2011 dioperasi 10 tempat, karena masih banyak oktober 2011 akan dioperasi lagi. Menurut kabar yg kudapat tidak akan ganas. cuma saya ingin bersih dari lipoma tapi belum bisa/belum dapat info obatnnya. Mudah2an segera ditemukan obatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Get Adobe Flash player