Meningkatkan Kesadaran Kesehatan Reproduksi

By: enj

Pada tanggal 26 September 2007, untuk pertama kalinya diluncurkan Hari Kontrasepsi Dunia yang bertujuan mengangkat kesadaran mengenai kontrasepsi dan meningkatkan edukasi mengenai kesehatan reproduksi dan kesehatan seksual.
Kampanye global diprakarsai oleh badan kesehatan seksual dan reproduksi global Marie Stopes International (MSI), The European Society of Contraception (ESC), Centro Latinamerico Salud de la Mujer (CELSAM), The International Federation of Pediatric and Adolescent Gynecology (FIGIJ), The Asia Pasific Council on Contraception (APCOC) dan Bayer Schering Pharma AG.

Latar Belakang Mengenai Kontrasepsi

Tahukah Anda

Kira – kira 85 dari 100 wanita yang aktif secara seksual tidak menggunakan metode kontrasepsi apapun hamil dalam waktu 1 tahun. Diseluruh dunia, lebih dari seperempat wanita yang hamil melakukan aborsi atau melakukan pengguguran.
Mengapa orang memilih untuk menggunakan kontrasepsi?

Penggunaan kontrasepsi, atau perencanaan kelahiran, secara signifikan menurunkan kesempatan hamil. Orang memilih untuk menggunakan kontrasepsi karena berbagai alasan :

Tidak ingin memiliki anak atau ingin menunda menjadi orangtua (parenthood) sampai usia mereka lebih tua.
Membantu merenggangkan waktu kelahiran anak.
Merasa bahwa keluarga mereka sudah lengkap, sehingga berharap untuk tetap menjaga terhadap kemungkinan menjadi hamil kembali.
Bagaimana kontrasepsi hormon bekerja?

Kebanyakan metode kontrasepsi hormon mengandung kombinasi estrogen dan progestin, yang bekerja dengan cara mencegah pelepasan sebuah telur setiap bulan dan mempertebal mukus disaluran masuk rahim, sehingga sperma sukar untuk menembusnya. Metode lain hanya mengandung progestin, yang juga bekerja dengan cara mempertebal mukus tetapi juga mengubah baris rahim. Pada beberapa wanita, metode ini juga mungkin dapat mencegah pembuahan (ovulasi).

Apa kelebihan dan kekurangan metode hormon?

Meskipun semua metode hormon bekerja dengan cara yang sama, cara penggunaan atau pemakaiannya berbeda. Masing – masing metode memiliki keuntungan dan kerugian yang unik. Namun demikian ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

Kelebihan :

Metode hormon adalah bentuk perlindungan terhadap kehamilan yang tak direncanakan yang paling dapat diandalkan.
Ada sejumlah pilihan untuk menyesuaikan kebutuhan – kebutuhan yang berbeda, misalnya :
– Variasi dalam kombinasi dosis
– Cara pemberian yang berbeda
– Penggunaan jenis progestin yang berbeda yang dapat memberikan manfaat tambahan diluar kontrasepsi
– Pilihan reversible jangka panjang selain pil yang diminum tiap hari
Metode hormon mudah digunakan.
Ada sejumlah manfaat non – kontrasepsi, misalnya periode (mentruasi) yang lebih singkat dan lebih ringan, perbaikan kondisi kulit – hal ini bervariasi dari satu metode ke metode lain.
Kekurangan :

Metode hormon tidak dapat melindungi terhadap infeksi yang ditularkan karena hubungan seksual (PHS), sehingga harus digunakan kondom untuk memperoleh perlindungan optimal.
Beberapa wanita mungkin mengalami efek samping – perlu untuk mencari penyebab dari gejala – gejala tersebut karena gejala – gejala tersebut bervariasi antara satu metode dengan metode lain dan mungkin ada kontrasepsi hormon lain yang lebih baik dan sesuai untuk individu tertentu.

Bagaimana metode barrier bekerja?

Metode barrier dirancang untuk menghentikan sperma agar tidak memasuki rahim. Metode barrier mencakup kondom pria dan kondom wanita serta alat intrauterine (IUD).

Apa kelebihan dan kekurangan metode barrier?

Kelebihan :

Metode barrier memberikan pilihan kepada wanita yang tidak dapat atau tidak ingin menggunakan kontrasepsi hormon.
Bila digunakan secara benar, kondom adalah satu – satunya bentuk kontrasepsi yang memberikan perlindungan terhadap PHS
IUD adalah metode jangka panjang sehingga metode ini tidak berkaitan dengan spontanitas dan tidak seperti pil, IUD tidak harus dilakukan setiap hari.
Metode barrier memberikan perlindungan terhadap kehamilan yang tak direncanakan tanpa bergantung pada siklus kesuburan dan hormon alami, sehingga tidak terjadi efek farmakologis.
Kekurangan :

Beberapa metode, misalnya kondom pria dan wanita, dapat bersinggunan dengan spontanitas, sensasi dan kesenangan.
Metode barrier kurang dapat diandalkan untuk mencegah kehamilan dibanding dengan metode hormon.
Beberapa metode mungkin memerlukan latihan agar dapat digunakan secara efektif.
Bagaimana metode alternatif bekerja dan apa keuntungan dan kerugiannya ?

Metode pencabutan : Ketika bersenggama, pria harus mencabut penis dari vagina sebelum ejakulasi. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah sperma agar tidak masuk ke vagina.

Kelebihan :

Suatu alternatif terhadap metode barrier dan metode hormon.
Kekurangan :

Metode ini memerlukan kontrol tingkat tinggi pihak pria.
Seringkali gagal karena tetesan kecil sperma dapat lolos dari penis kedalam vagina sebelum pria mengalami ejakulasi.
Menyebabkan gangguan pada klimaks hubungan seksual.
Metode alternatif ini kurang dapat diandalkan dibanding metode hormon dan barrier, terutama bagi individu yang tak berpengalaman.
Metode alami : Metode ini melibatkan penggunaan beberapa cara untuk mengetahui saat wanita berada pada masa paling subur, sehingga dia dapat menjadi ekstra hati – hati atau dapat menghindari hubungan seksual pada masa subur ini. Ini berarti penggunaan teknik – teknik seperti pencatatan harian suhu tubuh wanita dengan menggunakan termometer kesuburan. Kombinasi teknik direkomendasikan untuk meningkatkan efektifitas metode.

Kelebihan :

Alternatif alami terhadap metode barrier dan hormon berdasarkan siklus hormon alami dan siklus kesuburan.
Kekurangan :

Penggunaan teknik ini memerlukan tingkat motivasi yang besar dan pemahaman yang jelas tentang bagaimana memonitor kesuburan.
Metode kontarsepsi alami tidak memperhitungkan fluktuasi siklus.
Banyak hal dalam kehidupan sehari – hari yang dapat mempengaruhi irama siklus menstruasi, sehingga tidak memungkinkan dilakukannya kalkulasi yang dapat diandalkan mengenai masa – masa subur dan tidak subur.
Sterilisasi : hanya untuk orang – orang yang telah memutuskan untuk tidak memiliki anak lagi secara permanen, baik sekarang maupun masa yang akan datang. Metode ini dianggap metode kontrasepsi yang permanen dan nonreversible. Oleh karena itu, metode ini tidak direkomendasikan bagi dewasa muda.

Bagaimana efektivitas metode kontrasepsi yang berbeda dapat dievaluasi?

Beberapa kontrasepsi lebih dapat diandalkan daripada yang lain, dan pilihan metode kontrasepsi mempengaruhi kemampuan untuk menghindari kehamilan yang tak direncanakan.

Indeks Pearl adalah teknik yang paling umum yang digunakan dalam pengujian klinis yang mengukur efektifitas metode pengaturan kelahiran, dan dinamai berdasarkan nama Raymond Pearl yang memperkenalkan teknik tersebut pada 1993. Biasanya Indeks Pearl dipublikasikan dari studi mengenai metode pengaturan kelahiran :

Penggunaan tipikal, yang mengacu pada angka kegagalan untuk orang – orang yang tidak konsisten atau yang tidak selalu menggunakan metode pengaturan kelahiran dengan benar.
Penggunaan sempurna, yang mengacu pada angka kegagalan mereka yang penggunaannya konsisten dan selalu benar.

Bagaimana orang dapat mengakses kontrasepsi?

Akses kepada kontrasepsi bervariasi dari satu ke negara lain, tergantung pada metode yang dipilih. Usia pada saat orang mulai mendapatkan kontrasepsi juga bervariasi, demikian halnya dengan persyaratan pembayaran. Biasanya kontrasepsi dapat diperoleh melalui dokter, klinik spesialis seperti klinik keluarga berencana, pusat kesehatan masyarakat dan farmasi.

Bila diperlukan kontrasepsi hormon, maka dibutuhkan seorang dokter atau bidan untuk melakukan pemeriksaan riwayat medis, dan harus dilakukan pemeriksaan medis secara teratur. IUS, IUD dan impian perlu dilakukan oleh petugas kesehatan yang terlatih khusus (dokter ahli kandungan), sementara injeksi harus dilakukan oleh petugas kesehatan, dan diafragma dan cap harus dipasang oleh petugas kesehatan juga. Nasihat ahli juga diperlukan bagi mereka yang menggunakan teknik – teknik keluarga berencana alami.

Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

User Online

Back to Top
Get Adobe Flash player