Saturday, October 25, 2014 9:46

Petunjuk Al-Qur’an Tentang Pengobatan

Posted on Wednesday, November 21, 2007, 15:08 | 3,772 views
This item was posted in Pengobatan Islami and has 2 Comments so far.

PENGOBATAN

KRONOLOGIS PENGOBATAN ISLAMI

Oleh : Ustadz Ahmad Yani, SAg.

___________________________________________________________________________
.
A. Petunjuk Al-Qur’an Tentang Pengobatan

Banyak ayat Al Qur’an yang mengisyaratkan tentang pengobatan karena Al Qur’an itu sendiri diturunkan sebagai penawar dan Rahmat bagi orang -orang yang mukmin .

” Dan kami menurunkan Al Qur’an sebagai penawar dan Rahmat untuk orang-orang yang mu’min “( Al-Isra : 82 ). Menurut para ahli tafsir bahwa nama lain dari Al Qur’an yaitu ” Asysyifa ” yang artinya secara Terminologi adalah Obat Penyembuh.” Hai manusia , telah datang kepadamu kitab yang berisi pelajaran dari tuhanmu dan sebagai obat penyembuh jiwa ,sebagai petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman ” ( Yunus : 57 ).

Disamping Al Qur’an mengisyaratkan tentang pengobatan juga menceritakan tentang keindahan alam semesta yang dapat kita jadikan sebagai sumber dari pembuat obat-obatan .” Dia menumbuhkan tanaman-tanaman untukmu, seperti zaitun, korma, anggur dan buah-buahan lain selengkapnya . sesungguhnya pada hal-hal yang demikian terdapat tanda-tanda Kekuasaan Allah bagi orang-orang yang mau memikirkan ( An-Nahl : 11 ) Dan makanlah oleh kamu bermacam-macam sari buah-buahan, serta tempuhlah jalan-jalan yang telah digariskan Tuhanmu dengan lancar. Dari perut lebah itu keluar minuman madu yang bermacam-macam jenisnya dijadikan sebagai obat untuk manusia. Di alamnya terdapat tanda-tanda Kekuasaan Allah bagi orang-orang yang mau memikirkan ” ( An-Nahl : 69 )

B. Metoda Pengobatan Para Rasul Sebelumnya.

1. Nabi Isa. As

” Dan akan dijadikan-Nya sebagai Rasul untuk Bani Israil .Katanya : Aku ini datang kepadamu membawa tanda Mukjizat dari tuhanmu yaitu aku dapat membuat dari tanah liat ini rangka burung untuk kalian, kemudian aku tiup lalu menjadi seekor dengan izin Allah. Dan aku sanggup menyembuhkan orang buta, penyakit sopak dan menghidupkan orang mati dengan izin Allah ” ( QS.Ali Imran : 49 ).

Menurut para Mufassir, Nabi Isa mengobati penyakit buta dan sopak dengan cara diusap dengan tangan-Nya mata yang buta dan anggota tubuh yang terkena sopak dengan izin Allah melalui mukjizatnya maka seketika itu sembuh.

2. Nabi Musa. As

Sebagai seorang Rasul yang sangat dalam ilmunya dan sanggup melumpuhkan Fira’un sang raja kafir yang sangat kuat dan menguasai sebagian besar alam, karena sangat kuasanya sampai -sampai dia mengaku dirinya tuhan dari segala makhluk.” Maka berkata Fira’un : ” Akulah Tuhan yang maha tinggi ” ( An-Naziat : 24). Nabi Musa tidak terlepas dari sifat kemanusiannya yang merupakan Sunnatulloh yaitu sakit. Beliau pernah sakit lalu memetik sehelai daun yang diniatkan sebagai obat yang hakikatnya Allah yang menyembuhkan kemudian ditempelkan pada anggota yang sakit, karena Mukjizatnya seketika itu sembuh. Dan kedua kalinya beliau sakit kemudian memetik sehelai daun secara spontanitas tanpa diniatkan sebagai obat yang hakikatnya Allah Sang Penyembuh maka ketika itu sakitnya tidak sembuh .

C. Metoda Pengobatan Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW sebagai Rasul yang diperintahkan oleh Allah untuk menyampaikan wahyu kepada umat-Nya tidak lepas tingkah lakunya dari Al Qur’an karena beliau dijadikan sebagai suri tauladan yang baik untuk semua manusia.

Firman Allah :” Sesungguhnya pada diri Rasul itu ada terdapat suri tauladan yang baik untuk kamu ,bagi orang-orang yang mengharapkan Rahmat dan hari kemudian dan yang banyak yang memuja Allah ” ( Al Ahzab : 21) . Kata Imam Ali :” Sesungguhnya semua tingkah laku Nabi Muhammad SAW adalah Al Qur’an “.

1. Ruqyah

Ruqyah atau yang kita kenal dengan jampi-jampi merupakan salah satu cara pengobatan yang pernah diajarkan Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammmad SAW. Ketika Rasullulloh sakit maka datang Malaikat Jibril mendekati tubuh beliau yang sangat indah kemudian Jibril membacakan salah satu doa sambil ditiupkan ketubuh Nabi, seketika itu Beliau sembuh.inilah doanya ” BismIlahi arqiika minkulli syai-in yu’dziika minsyarri kulli nafsin au-ainiasadin Alloohu yasyfiika bismIlahi arqiika “. Ada tiga cara yang dilakukan Nabi dalam Ruqyah:

1. 1. Nafats.

Nafats yaitu membaca ayat Al Qur’an atau doa kemudian ditiupkan pada kedua telapak tangan kemudian diusapkan keseluruh badan pasien yang sakit. Dalam satu riwayat bahwasanya Nabi Muhammmad SAW apabila beliau sakit maka membaca “Al-muawwidzat” yaitu tiga surat Al Qur’an yang diawali dengan kata ” A’udzu ” Yaitu : surat An Nas, Al Falaq dan Al Ikhlas kemudian ditiupkan pada dua telapak tangannya lalu diusapkan keseluruh badan.

1. 2. Air liur yang ditempelkan pada tangan kanannya.

Di riwayatkan oleh Bukhari-Muslim : Bahwasanya Nabi Muhammad SAW apabila ada manusia tergores kemudian luka ,maka beliau membaca doa kemudian air liurnya ditempelkan pada tangan kanannya, lalu diusapkan pada luka orang itu.Inilah doanya.”ALLAHUMMA ROBBINNAS ADZHABILBAS ISYFI ANTASY-SYAFII LAA SYIFA-A ILLA SYIFA-UKA LAA YUGODIRU SAQOMAN “.

1. 3. Meletakkan tangan pada salah satu anggota badan.

Nabi Muhammad SAW pernah memerintahkan Utsman bin Abil Ash yang sedang sakit dengan sabdanya: ” Letakkanlah tanganmu pada anggota badan yang sakit kemudian bacalah “Basmalah 3x dan A’udzu bi-izzatillah waqudrotihi minsyarrima ajidu wa uhajiru 7x”

2. Doa Mukjizat

Banyak do’a-do’a untuk kesembuhan yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada umat-Nya.Antara lain :” Allahumma isyfi abdaka yan-ulaka aduwwan aw yamsyi laka ila sholaah ” .

3. Dengan Memakai Madu.

Sebagaimana Ayat diatas bahwa madu Allah jadikan sebagai obat maka Rasululloh menggunakan madu untuk mengobati salah satu keluarga shahabat yang sedanga sakit .Dalam satu riwayat, ada shahabat datang kepada Nabi SAW memberitahukan anaknya sedang sakit, kemudian Nabi menyuruh orang itu meminumkan anaknya madu asli sambil membaca doa.

C. Metoda Pengobatan Hukama ( Ahli Hikmah )

Ahli Hikmah adalah orang-orang shalih yang diberikan oleh Allah ilmu dan Karomah sehingga dia tahu rahasia Allah. Para Ahli Hikmah umumnya dijadikan sebagai Thabib ( Dokter ) atau Paranormal oleh kebanyakan orang karena mereka mendapat bimbingan langsung dari Allah. ” Allah SWT memberikan Al-Hikmah (kebijaksanaan) kepada orang yang dikehendaki “. Barangsiapa yang diberinya Al-Hikmah maka ia mendapat banyak kebaikkan. Hanya orang-orang yang mau berfikir yang dapat mengambil pelajaran” ( Al-Baqarah :269 )

1. Ruqyah ( Jampi-jampi )

Ruqyah yang diajarkan malaikat Jibril kepada Nabi dan yang dilakukan oleh Nabi. Lain dengan ruqyah yang dilakukan oleh Hukama, tetapi doa yang mereka gunakan pengertiannya sama. Para ahli Hikmah apabila mengobati seseorang dengan cara ruqyah dengan membaca ayat Al Qur’an atau doa kemudian ditiupkan kedalam air yang nantinya air itu diminum oleh si Pasien. Salah satu contoh bacaan ruqyah Hukama : Membaca Al-Fatihah untuk Nabi, keluarga, shahabat dan para wali seperti Syeikh Abdul Qodir Jailani, kemudian membaca doa untuk kesembuhan .

2. Wafaq

Wafaq ialah ayat Al Qur’an, Asma Allah, zikir atau doa yang ditulis diatas benda seperti kertas, kain yang dijadikan sebagai media pengobatan atau lainnya oleh para Ahli hikmah. Salah satu contoh : Wafaq untuk orang yang sakit hati (Liver) ditulis pada gelas putih kemudian diisi air lalu diminumkan. Insya Allah sembuh. (Tulis huruf Ha besar 2 kali dan huruf Ain 6 kali).

Be Sociable, Share!

Email This Post Print This Post


Related articles:
  • Kebiasaan Nabi dalam Mengobati Orang Sakit
    [ Wednesday, 30 Jan 2008 - 13 : 59 | 0 comments | 2687 views ]
    Mengikuti jejak Rosulullah Muhammad SAW, merupakan suatu keharusan bagi umat Islam. Termasuk mewarisi metodologi pengobatan yang dilakukan Nabi Muhammad SAW....
  • PENGETAHUAN PRAKTIS TENTANG RUQYAH (MENGOBATI ORANG KESURUPAN SESUAI SUNNAH RASULULLAH)
    [ Sunday, 12 Jul 2009 - 20 : 48 | 2 comments | 3058 views ]
    oleh Abu Hasna bin Rohmat Sering kita jumpai di sekitar kita adanya kejadian orang yang tadinya normal-normal saja namun secara mendadak terjadi...
  • Dokter Muslim
    [ Friday, 15 Feb 2008 - 14 : 40 | 0 comments | 2672 views ]
    “Dan apabila aku sakit. Dialah Yang menyembuhkan aku. Dan yang akan mematikan aku, kemudian akan menghidupkan aku (kembali). Dan yang...
  • Rasulullah Mengobati Pengikutnya
    [ Thursday, 14 Aug 2008 - 13 : 44 | 0 comments | 1182 views ]
    Dari Utsman bin Affan, ia berkata, “Aku Sakit, Rosulullah SAW mengundangku dan mendo’akanku. Beliau mengucapkan kalimat, ‘Dengan nama Allah yang...
  • Contoh Rasulullah Saat Mengobati Lawannya
    [ Thursday, 14 Aug 2008 - 14 : 45 | 0 comments | 1137 views ]
    Dari Abu Thufail, ia mengatakan bahwa seorang lelaki dari Bani Laits, bernama Farras bin Amr terserang sakit kepala yang sangat...

2 Comments

  1. 15 January, 2008, 18:29

    Ass Wr Wb.

    Maaf Kalau mengambil tulisan :
    1. izin dulu dong.
    2. Paling tidak dituliskan asalnya/sumbernya dari mana, linknya apa.

    terima kasih atas perhatiannya semoga tidak terjadi lagi dimasa depan.

    Wassalam

    HMBI

    Pemilik copyrightnya

  2. 16 January, 2008, 8:40

    Wa’alaikumsalam wr wb,

    Terima kasih Pak HMBI atas masukannya, di artikel di atas sdh disebutkan sumbernya dari Ustadz Ahmad Yani, adapun jika sumber aslinya dari Bapak ana malah baru tahu mengingat artikel ini juga ana dapat dari email, yang ingin ana share dengan yang lain.

    Wasalam,

    EnJ

Leave a Reply

Get Adobe Flash player