David Packard – Pendiri Hewlett Packard

David Packard

David Packard

David Packard (1912-1996) lahir pada 7 September 1912 di Pueblo, Colorado. Packard adalah salah seorang pendiri Hewlett-Packard Company. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1939 bersama sahabat karibnya sewaktu di Stanford University, William R. Hewlett.

Tahun 1934, Packard mendapat gelar B.A (Bachelor of Arts). Pada tahun 1939, mendapat gelar master dibidang Electrical Engineering. Dari tahun 1936-1938, Packard bekerja di General Electric Co, sebagai seorang Engineer. Tahun 1938, Packard menjadi seorang Asisten di Stanford University dan setahun kemudian ia mendapat gelar insinyur-nya. Setelah itu, ia kembali ke Polo Ato dan bertemu dengan sahabat baiknya, William R. Hewlett. Mereka berdua mempunyai ambisi untuk mendirikan sebuah perusahaan besar. Dan pada tahun 1939, Packard dan Hewlett coba membuka usaha sendiri dengan modal awalnya $ 538 dan `perusahaan kecil` itu diberi nama Hewlett-Packard. Produk pertamanya adalah resistance-capacitance audio oscillator, hasil pengembangan Hewlett semasa dia kuliah. Sedangkan pegawai pertamanya adalah seorang wanita muda bernama Lucile Packard, istri David Packard. Tahun demi tahun mereka lewati, `perusahaan kecil` itu pun berkembang menjadi sebuah perusahan besar.

Selama bekerja di Hewlett-Packard Company, Packard pernah terpilih sebagai Presiden perusahaan pada tahun 1947 dan menjadi Executive Officer sampai dengan tahun 1969. Namun, pada tahun 1969, Packard meniggalkan Hewlett-Packard Co. dan bekerja di U.S Deputy Secretary of Defense. Disana, ia bekerja hampir selama 3 tahun. Lalu dia kembali ke Hewlett-Packard Co dan terpilih sebagai Chairman of the board of Hewlett-Packard Company.

Packard juga aktif disejumlah organisasi-organisasi yang menangani masalah pendidikan, kependudukan, bisnis, dan ketenagakerjaan. Packard pernah menjabat sebagai fellow di Institute of Electrical and Electronic Engineering (IEEE), pernah sebagai anggota Academy of Engineering dan anggota seumur hidup The Instrument Society of America. Dia juga seorang pendiri dan sebagai ketua The American Electronics Association. Tahun 1983, Packard juga pernah menjabat sebagai wakil ketua dari The California Nature Conservancy. Pada tahun 1985, Packard ditunjuk oleh Presiden Amerika Ronal Reagan untuk memimpi The Blue Ribbon Commission on Defense Management.

Karena umurnya yang semakin menua, pada 26 Maret 1996 David Packard meninggal. Saat itu, Packard berusia 83 tahun. Sampai dengan akhir hayatnya, Packard masih memegang jabatan penting di sejumlah organisasi-organisasi, salah satunya sebagai ketua dari The David and Lucile Packard Foundation yang didirikan pada tahun 1996. Organisasi ini memberikan dana bantuan kesejumlah instansi-instansi seperti rumah sakit, Family Planning Centers, kelompok komunitas masyarakat, National Institution, bahkan ke beberapa universitas. Sama halnya dengan Hewlett, David Packard pun namanya akan selalu dikenang oleh banyak orang karena perusahaanya sampai saat ini masih menjadi salah satu perusahaan terbaik didunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine − 1 =

Get Adobe Flash player