Tips: Persiapan Sebelum Mudik

By: enj



Menghadapi perjalanan panjang dalam rangka mudik untuk berkumpul dengan sanak saudara merayakan Idul Fitri 1428 H, pengemudi diharuskan mempersiapkan fisiknya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkannya.
Berikut hal-hal yang harus diperhatikan pengemudi sebelum menempuh perjalanan jauh:
1. Usahakan untuk istirahat dengan tidur yang cukup sehari sebelum perjalanan jauh agar badan terasa segar.
2. Pilih waktu perjalanan yang tepat, hindari memulai perjalanan terlalu larut atau terlalu pagi sebab akan membuat Anda lesu dan mengantuk bila Anda terbiasa dengan jadwal tidur normal.
3. Kuasai rute perjalanan agar Anda bisa menentukan waktu istirahat. Sebaiknya berhentilah secara teratur selama 15-30 menit untuk istirahat dan peregangan otot setiap dua jam perjalanan untuk menghindari kelelahan.
4. Bila perjalanan yang ditempuh cukup jauh dan makan waktu lebih dari sehari jangan paksakan diri bila Anda mengantuk. Lebih baik berhenti untuk mencari penginapan dan melanjutkan perjalanan keesokan harinya.
5. Hindari meminum obat yang menyebabkan Anda mengantuk. Tidak ada salahnya Anda meminum vitamin atau suplemen penambah tenaga agar tetap fit.
6. Kenakan pakaian yang nyaman dan mudah menyerap keringat agar tidak membuat Anda gerah.
7. Selama perjalanan banyak minum air putih / air mineral dan hindari minuman bersoda atau yang mengandung kafein karena malah membuat Anda terpaksa susah tidur dan badan malah jadi sakit semua. Jangan makan cemilan terlalu banyak karena bisa membuat Anda kekenyangan dan mengantuk.
8. Siapkan Peta Mudik sebagai panduan. Selamat mudik !

Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

User Online

Back to Top
Get Adobe Flash player