MENGAPA SUSU BERWARNA PUTIH?

By: admin

Di Amerika, sejak beberapa tahun yang lalu ada kampanye iklan yang sangat terkenal. Iklan tersebut bertema “Got Milk?” – atau ajakan agar orang minum lebih banyak susu. Dalam setiap iklan selalu dihadirkan selebritis terkenal sedang memegang segelas susu, dan di atas bibir mereka ada “kumis susu” berwarna putih, untuk menggambarkan bahwa mereka baru saja minum susu.

Caraka kali ini bukan hendak bicara tentang “kumis susu” – melainkan pertanyaan sederhana tentang mengapa susu berwarna putih. Penyebab susu berwarna putih adalah karena kandungan protein yang bernama Casein di dalam susu. Casein sangat kaya mengandung kalsium – zat yang terdapat pada tulang, dan ini pula yang menyebabkan warna susu sama dengan warna tulang – yaitu putih.

Selain Casein ada pula krim tercampur dalam susu, yang merupakan lemak berwarna putih. Semakin banyak krim dalam susu, semakin putih warna susu tersebut. Tidak percaya…? Coba saja anda bandingkan susu rendah lemak atau tanpa lemak (low dan non fat

milk) dengan susu biasa. Akan terlihat bahwa susu tanpa lemak berwarna lebih ke arah abu-abu ketimbang putih, karena kandungan krim di dalam susu telah dihilangkan.

Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

User Online

Back to Top
Get Adobe Flash player