Mengapa demam temperatur tinggi berbahaya?

Temperatur normal tubuh kita adalah 37oC dan temperatur tubuh kita tidak dapat melebihi dari 41.7oC. Seluruh reaksi didalam tubuh kita baik itu pernafasan, pencernaan, dan sintesis dari berbagai senyawa berlangsung pada temperatur normal tubuh. Jika temperatur tubuh kita naik 10oC menyebabkan kecepatan reaksi dari reaksi-reaksi yang terjadi di dalam tubuh kita menjadi dua kali lebih cepat dari keadaan normal, bahkan kenaiikan 1oC saja sudah cukup mempercepat reaksi kimia di dalam tubuh kita. Kita dapat melihat dari sini bahwa demam dengan temperatur tinggi sangatlah berbahaya.

Demam merupakan mekanisme kekebalan tubuh, dimana sedikit kenaikkan pada temperatur tubuh mempercepat pembunuhan kuman dan bakteri melalui percepatan reaksi mekanisme kekebalan tubuh. Hal yang penting adalah kenaikkan temperatur tersebut haruslah sedikit: kenaikkan temperatur tubuh lebih dari 3oC mempercepat kecepatan reaksi pada signifikasi yang berbahaya.

Seseorang dapat dengan mudah mendeteksi kenaikkan dari reaksi kimia tubuh ketika pasien menderita demam dengan temperatur tinggi. Denyut nadi bertambah dan pernafasan menjadi lebih cepat merupakan suatu usaha untuk memperoleh lebih banyak oksigen guna mempercepat reaksi yang terjadi di dalam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *