Koneksi internet 153Kbps menggunakan handphone CDMA

Semua handphone CDMA Nokia sudah mendukung high speed internet CDMA 1X RTT 153Kbps. Atau dengan lain 3X lebih cepat dibanding koneksi internet biasa dgn menggunakan modem 56k, maupun GPRS. Dengan kecepatan 153Kbps berarti bonus.jpganda dapat mendownload file dengan kecepatan maximal sekitar 19 KB/detik. Semasa promosi internet CDMA gratis dimana banyak orang menggunakan internet, bisa mendowload file dengan kecepatan 10KB/detik menggunakan StarOne. Sejelek-jeleknya koneksi internet CDMA, tetap masih lebih cepat dibanding koneski dial-up telpon rumah (56Kbps) yg baling banter cuma 6 KB/detik.
Untuk menggunakan handphone CDMA Nokia sebagai modem untuk mengakses internet, yg perlu anda lakukan adalah menghubungkannya ke komputer menggunakan kabel data seperti Nokia DKU-5 atau Mobile Action 8620E (USB) yg harganya berkisar 200 ribu-an. Setelah itu pada komputer anda, cukup di-install driver kabel data & driver modem Nokia. Kabel data USB merk Mobile Action 8620-E dapat digunakan untuk semua tipe handphone CDMA Nokia, dan memiliki fungsi charge, jadi anda dapat browsing & download non-stop tanpa takut kehabisan batere.
Anda bisa download driver modem untuk semua handphone CDMA Nokia disini nmpCDMA1xRTT.inf

Tahapan instalasi untuk menjadikan handphone CDMA Nokia sebagai modem komputer adalah sbb:
1. Install driver kabel data di komputer
2. Pada tahap proses instalasi, anda akan diinsstruksikan untuk menancapkan handphone+ kabel data ke port USB. Setelah itu komputer akan mendeteknya.
3. Masuk ke Start Menu>Control panel > Phone & Modem > Add > Have disk. Lalu cari file driver modem Nokia, yaitu “nmpCDMA1xRTT.inf”
4. Pilih “Nokia CDMA 1xRTT 3G Packet Data Modem”
5. Lakukan proses Dial Up seperti biasa dengan menggunakan modem Nokia tsb.
6. Untuk dial up gunakan nomer #777 dengan pilihan user name dan password sbb:
StarOne : username = starone , password = indosat
Fren : username = m8 , password = m8
Flexi : username = telkomnet@flexi , password = telkom
Beberapa handphone CDMA lain seperti Motorola dan Modottel juga bisa digunakan sebagai modem, namun kabelnya khusus dan jarang dijual, tidak seperti kabel data handphone Nokia yg banyak dijual di pasaran. Bila anda berniat untuk menggunakan handphone CDMA untuk koneksi internet, daripada pusing-pusing lebih baik gunakan handphone CDMA Nokia saja.
Kabel data & driver Nokia mudah didapat & bertebaran di mana-mana. Perlu diingat bahwa tanpa adanya driver dan kabel data yg sesuai, handphone anda tak bisa digunakan untuk konesi internet.

Jenis handphone berdasar tipe nomer
Berdasarkan jenis nomor yg digunakan, handphone CDMA terdiri dari 2 tipe :
1. RUIM (Removable User Identity Module)
Handphone jenis ini menggunakan SIM card (Pra/Pasca bayar), sehingga untukmengganti nomer anda cukup mengganti SIM Card di dalamnya (seperti padahandphone GSM)
2. INJECT
Untuk menggunakan nomor pada handphone jenis ini, anda harus membawa SIMCard (Pra/PascaBayar) anda ke kantor operator dan nanti mereka akanmemprogram pada komputer sentral agar nomer pada SIM Card tsb berlaku untukhandphone anda. Proses inject di operator gratis dan hanya membutuhkan waktukurang dari 1 menit.Proses inject tsb hanyamembutuhkan nomor serial (8 digit) yg ada padahandphone anda, jadi handphonenya sendiri secara fisik tidak
diapa-apakan.Setelah proses tsb, SIM Card anda tak diperlukan lagi.Bila anda ganti handphone, nomer anda dapat dipindah ke handphone baru dgncara yg sama seperti di atas. Bila handphone baru anda jenis RUIM, maka andaakan diberi lagi SIM Card dgn nomer yg sama setelah membayar biaya SIM Cardbaru sebesar Rp. 27 ribu.Memang sistem Inject ini tak praktis seperti RUIM dimana anda bisa bebasmengganti-ganti SIM card tanpa harus bolak-balik ke operator.Namun keunggulan sistem inject adalah dalam hal keamanan. Bila handphoneinject anda dicuri orang, anda cukup memberitahu ke kantor operator untukmemblok nomer handphone tsb (dengan menunjukkan kotak SIM Card nomerhandphone yg hilang).Dengan begitu, maka sang pencuri tak akan bisa menjual/menggunakan handphonetsb, kecuali bila ia datang ke kantor operator untuk mengganti nomor, ygberarti sama dengan menyerahkan diri ke polisi.
Selain itu pada handphone inject tipe tertentu anda bisa menggunakan duanomer, misal Flexi + Fren. Jadi bila anda sedang di dalam kota, anda bisamemilih Flexi (murah), sedangkan bila bepergian ke luar kota andamenggunakan Fren (area coverage nasional).

telpon-rumah.jpg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://www.elitha-eri.net/2007/02/15/koneksi-internet-153kbps-menggunakan-handphone-cdma
Twitter