Awal Mula Kopi

Tumbuhan kopi ditemukan oleh seorang Sufi Ali Bin Omar dari Yaman. Ia merebus kopi sebagai obat penyakit kulit dan obat-obatan lainnya. Sehingga pada waktu itu kopi mendapat tempat terhormat di kalangan masyarakat negeri itu. Dari khasiat kopi tersebut akhirnya membawa kemakmuran bagi pemilik-pemilik kebun kopi, pengusaha kedai kopi, pedagang kopi, eksportir kopi, dan pemerintah di berbagai belahan dunia tanaman minuman beraroma khas itu ditanam.

STOPS COMPLAIN!!
Secangkir kopi bagi penggemarnya adalah sebuah awal dari segalanya. Bukan berlebihan atau mengada-ada, tapi memang faktanya demikian. Dalam sehari mungkin penggemar kopi bisa menghabiskan bergelas-gelas kopi, pagi, siang, sore, dan malam hari.

Kurang nikmat atau bahkan kurang afdol rasanya sebelum meneguk secangkir kopi sebelum memulai aktivitas kita. Sebagai penggemar kopi, kita sering sekali mendengar banyak orang membicarakan tentang efek negatif dari mengkonsumsi kafein yang ada dalam kandungan kopi – koran, majalah, tabloid, dll. Tapi sebenarnya kalau ada sisi negatif pasti ada juga dong sisi positif-nya? !!

Biar sama-sama tahu dan tidak memojokkan para penggemar kopi, serta tidak membuat orang-orang yang ingin sekali merasakan kenikmatan secangkir kopi berpikir dua kali karena terlalu banyak efek negatif yang mereka dengar sampai akhirnya takut untuk merasakan. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa dinikmati para penggemar kopi :

• Kafein yang terkandung didalam kopi adalah zat kimia yang berasal dari tanaman yang dapat menstimulasi otak dan sistem saraf. Kafein tergolong jenis alkaloid yang juga dikenal sebagai trimetilsantin. Selain pada kopi, kafein juga banyak ditemukan dalam minuman teh, cola, coklat, minuman berenergi (energy drink), cokelat, maupun obat-obatan.

• Kafein membantu Anda untuk bisa berpikir lebih cepat. Cobalah mengkonsumsi kopi 15 menit atau 30 menit sebelum Anda melakukan wawancara pekerjaan atau memberikan presentasi pada atasan. Hasilnya mungkin akan cukup lumayan, karena kafein yang terdapat pada kopi atau teh terbukti mampu memberikan ‘sinyal’ pada otak untuk lebih cepat merespon dan dengan tangkas mengolah memori pada otak.

• Kafein mencegah gigi berlubang. Cobalah untuk meminum secangkir kopi hangat sesaat setelah Anda mengkonsumsi cookies, cake coklat yang lezat, permen rasa buah atau sepotong roti manis. Joe Vinson, PhD. dari
University of Scranton

menjelaskan bahwa kafein yang terdapat dalam minuman ini ternyata sangat tangguh memberantas bakteri penyebab gigi berlubang.

• Kafein mengurangi derita sakit kepala. Penelitian menemukan kafein yang terdapat dalam kopi atau teh (dalam jumlah tertentu) sanggup menolong mengobati sakit kepala. Menurut Seimur Diamond, M.D., dari
Chicago
‘s Diamond Headache Clinic. Penderita migrain dalam kategori ringan dapat disembuhkan dengan secangkir kopi pekat atau secangkir black tea. Jadi, sebelum mengkonsumsi obat cobalah dulu sembuhkan sakit kepala Anda dengan minuman berkafein.

• Kafein bisa melegakan napas penderita asma dengan cara melebarkan saluran bronkial yang menghubungkan kerongkongan dengan paru.

• Kafein dapat membuat badan tidak cepat lelah, bisa melakukan aktifitas fisik lebih lama, di perkirakan karena kafein membuat “bahan bakar” yang dipakai otot lebih lama.

• Kafein bisa meningkatkan rasa riang, membuat kita merasa lebih segar dan energik.

• Perempuan yang minum dua cangkir kopi atau lebih per hari dapat mengurangi risiko terkena pengeroposan tulang (osteoporosis) .

• Kopi dapat meningkatkan penampilan mental dan memori karena kopi dapat merangsang banyak daerah dalam otak yang dapat mengatur tetap terjaga, rangsangan, mood dan konsentrasi. Penelitian di Universitas
Arizona
ditemukan bahwa orang dewasa yang minum kopi sebelum test memori menunjukkan perkembangan yang signifikan dibanding mereka yang minum kopi tanpa kafein.

• Kafein dapat menangkal radikal bebas dan menghancurkan molekul yang dapat merusak sel DNA.

• Kafein juga melindungi jantung dan kanker.

• Untuk mengurangi risiko pengidapan diabetes mulailah meminum kopi. Seseorang yang minum kopi lebih dari enam cangkir sehari berisiko rendah terserang diabetes dibanding dengan orang yang tidak minum kopi sama sekali. Demikian simpulan sebuah riset skala besar yang dilakukan pada 80 ribu orang selama 18 tahun di AS.

• Parkinson jarang ditemukan pada orang yang minum kopi secara teratur. Sebuah riset menyimpulkan penyakit ini justru ditemukan pada pria yang tidak minum kopi tiga kali lebih banyak daripada pria penikmat kopi.

• Minum kopi membuat sperma “berenang” lebih cepat dan mampu meningkatkan kesuburan pria. Hal ini diumumkan para ilmuwan Brasil dalam pertemuan “American Society for Reproductive Medicine” di
San Antonio
, dimana pembicaraan utama berkisar pada efek obat-obatan terhadap kesuburankaum adam

Zodiak Kopi
Konon, ada sebuah mitos yang mengatakan bahwa khasiat kopi akan terasa di dalam tubuh jika pilihan racikannya sesuai dengan zodiak. Ini bukan horoskop, sekedar wawasan bahwa kopi begitu beragam karakternya, sampai-sampai dianggap kopi memiliki zodiac sendiri.

Aries – Pemilik zodiak ini dianggap memiliki sifat `sedikit’ keras dan selalu ingin menjadi yang terdepan. Nah, kopi yang cocok dengan sifat keras Aries adalah Triple espresso, aroma dan rasanya yang kuat kiranya cocok dengan sifat keras.

Taurus – Si Taurus konon memiliki sifat sederhana dan bersahaja. Sesungguhnya sifat ini lebih berharga dari apapun di dunia ini. Itulah mengapa Cappucino dengan aroma klasik paling cocok untuk memenuhi seleranya.

Gemini – Warga Gemini memiliki daya pikat yang luar biasa bagi orang lain, selalu membutuhkan teman dan pendapat dari orang lain. Gemini membutuhkan kopi yang bersifat menenangkan. Untuk Gemini, jatuhkan pilihan pada jenis Caffe Latte.

Cancer – Tenang dan menyenangkan, itulah Cancer! Kopi yang paling cocok bagi zodiak ini adalah Coffee with Mochaatau tambahkan kopi dengan sedikit cokelat.

Leo – Pribadi dengan segudang argumen, memiliki banyak cara untuk mendapatkan keinginannya. Hari-hari si Leo makin `hidup’ dengan ditemani secangkir Caramel Macchiato.

Virgo – Sifat khas Virgo ialah memiliki tingkat ketelitian yang sangat tinggi, jadi paling cocok dengan Caffe Americano dalam gelas regular dan jangan tambahkan bahan lainnya.

Libra – Zodiak ini ini seringkali digambarkan mudah melupakan `pertimbangan’ dalam setiap tindakan. Hati-hati karena ini akan membahayakan! Untuk mendapatkan keseimbangan, kopi yang cocok bagi zodiak ini adalah Cafe au Lait.

Scorpio – Konon memiliki rasa percaya diri yang cukup bagus, jarang merasakan penolakan dari dirinya sendiri. Kopi yang cocok bagi tipe ini adalah kopi yang menurutnya memiliki ‘sensualitas’ tinggi. Jenisnya dapat dipilih sesuai dengan seleranya, asalkan citarasa dan aromanya cukup tajam.

Sagitarius – Caramel Latte yang beraroma lembut menggoda sangat cocok dengan Sagitarius. Ini sesuai dengan sifatnya yang selalu ingin terlihat menawan, apalagi buat lawan jenisnya.

Capricorn – Selalu terlihat simpel dan tidak menyukai hal-hal yang rumit, paling cocok dengan kopi Espresso (bukan double atau triple). Nikmati kopi ini dalam suasana santai setelah menyelesaikan pekerjaan berat di kantor. Efek menenangkan milik Ekspresso sangat terasa.

Aquarius – Aquarius katanya memiliki sifat sosial yang tinggi. Tampaknya, minuman yang mengandung kafein tidak terlalu penting baginya. Bisa jadi, raspberry tea lebih menarik minatnya.

Pisces – Suatu hari, si Pisces akan meninggalkan kopi dan beralih pada minuman yang lebih menyehatkan, seperti Teh Cina. Teh cocok sekali dengan sifat `kalem’ dan memiliki kesiapan penuh menyongsong masa depan.

Kopi memang beragam sampai dikait-kaitkan dengan Zodiac Coffee segala. Tidak ada hubungannya dengan horoskop, hanya menunjukkan bahwa setiap citarasa kopi memang punya karakter khusus, beragam seperti yang meminumnya.

Terkadang sesuatu yang berlebih memang tidak baik. Tetapi itu bukan alasan untuk tidak mengkonsumsinya. So, bagi kalian penggemar kopi, sekarang tidak perlu khawatir lagi kan?!! Dan bagi kamu-kamu yang tadinya anti dengan kopi, tidak ada salahnya untuk mencoba

One thought on “Awal Mula Kopi

  • 8 July 2009 at 13:41
    Permalink

    terimakasih atas informasi. sangat bermanfaat lho.. sekali lagi trimakasih..
    😛

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Get Adobe Flash player